Kamis, 25 April 2024

MUI Kepri Perkuat Kapasitas Organisasi

Berita Terkait

batampos.co.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepri menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke IV di Aula Masjid Raya Nur Ilahi, Tanjungpinang, Minggu (19/11). Salah satu topik pembahasan adalah peningkatan kapasitas organisasi untuk menangkal pergerakan radikalisme dan terorisme di Provinsi Kepri.

“Rakerda ini adalah media bagi MUI Kepri untuk memperkuat kapasitasnya. Baik itu untuk internal maupun eksternal,” ujar Wakil Ketua I MUI Kepri, Azhar Hasyim, kemarin.

Menurutnya, MUI mempunyai peran yang sangat strategis, terutama dalam hal pembinaan umat. Dijelaskannya, MUI juga punya tanggungjawab untuk mewujudkan tatanan negara yang aman dan damai. Berangkat dari pemikiran tersebut, tentu perlu adanya peningkatan kapasitas, baik itu struktur organisasi MUI sendiri maupun kader-kader MUI.

“Kita juga harus mempersiapkan kader-kader yang militan. Karena proses regenarasi dalam tubuh MUI Kepri harus terus berlanjut,” paparnya.

Ditambahkannya, diera digital sekarang ini, banyak pengaruh-pengaruh negatif yang harus diwaspadai. Bahkan penyebaran paham radikalisme, terorisme dan komunisme sudah merambah kedunia-dunia sosial.

“Untuk mencegah jangan timbulnya kelompok-kelompok radikal, terorisme, dan komunisme perlu adanya pembinaan umat. MUI yang diisi ulama dari berbagai organisasi keagamaan punya tanggungjawab untuk mencegah hal itu,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten III Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum yang mewakili Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengatakan, MUI memiliki banyak tugas dan tanggungjawab. Yakni sebagai pengawal keyakinan agama, pendidik umat, melakukan kaderisasi, memberikan fatwa.

“Selain itu juga memberikan masukan kepada dunia, tentang perkembangan-perkembangan umat islam yang terjadi,” ujar Syamsul Bahrum.

Ditegaskannya, penguatan kapasitas organisasi MUI memang sangat dibutuhkan. Apalagi diera digital sekarang ini, media sosial tidak lagi sehat. Karena sudah terkontaminasi dengan hal-hal yang berbau pornografi dan sebagainya.

“Selain itu, MUI juga punya tanggungjawab dalam mengembangkan ekonomi syariah di Provinsi Kepri ini,” jelasnya.(jpg)

Update