Pantai Telunas Resort. Ini salah satu resort yang banyak didatangi wisman saat berkunjung ke Karimun. Foto: Telunas

batampos.co.id – Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) atau turis asing ke Kabupaten Karimun pada tahun ini masih rendah, jauh dari target yang direncanakan. Target tahun ini lebih dari 12 ribu kunjungan. Tetapi sampai dengan September baru tercapai 9 ribu kunjungan.

“Berdasarkan data kunjungan turis asing yang kami terima, memang masih jauh dari target. Data terakhir dua bulan lalu jumlah kunjungan turis asing baru mencapai 9.765 orang. Dari data tersebut diketahui mayoritas kunjungan turis asing itu berasal dari Malaysia dengan persentase 60 persen. Selebihnya dari Singapura dan juga negara lain,” ujar Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Karimun, Zamri, kemarin (21/11).

Menurutnya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab masih rendahnya angka kunjungan turis asing di Karimun. Terutama sekali karena kelesuan ekonomi yang terjadi secara global. Meski demikian, dia tetap optimis jumlah turis asing yang akan ke Karimun nanti sampai dengan akhir tahun bisa mencapai angka 11 ribu orang.

Untuk peningkatan objek wisata, Zamri menyebutkan, untuk tahun depan objek wisata Pantai Pelawan mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 1,5 miliar.
“Dana tersebut sudah jelas peruntukannya untuk apa saja. Dengan dana tersebut akan dibuat gazebo atau tempat beristriahat bagi pengunjung yang datang ke pantai. Kemudian akan dibangun panggung hiburan untuk mendukung acara-acara yang dilaksanakan di pantai, dan juga pembuatan pintu gerbang,” jelasnya.

Objek wisata lainnya, lanjut Zamri, perlahan-lahan akan ditata dan diperbaiki. Sarana dan akses menuju objek wisata juga akan diperbaiki. Yang terpenting menurutnya adalah dukungan masyarakat terhadap objek wisata yang ada. Untuk bersama-sama menjaga dan ada rasa memiliki. Sehingga objek wisata apapun yang ada dapat dijadikan destinasi, tidak saja oleh turis asing, tapi juga turis lokal. (san)

Respon Anda?

komentar