Kamis, 25 April 2024

Besan Jokowi Siapkan 10 Ribu Porsi Makanan saat Ngunduh Mantu

Berita Terkait

Beby Nasution pemilik Putri Catering yang dipercaya pihak keluarga Bobby Nasution untuk menyiapkan makanan. (Budi Warsito/jawapos.com)

batampos.co.id – Besok, akan berlangsung acara pesta adat dan puncak acara resepsi ngunduh mantu besan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Medan.

Empunya respsi menyiapkan 10 ribu porsi makanan untuk para tetamu.

Jenis masakan yang akan dihidangkan pun ada beberapa macam. Mulai dari masakan khas Mandailing maupun masakan nasional.

Menurut Beby Nasution pemilik Putri Catering yang dipercaya pihak keluarga untuk menangani catering, mengatakan, menu-menu masakan itu merupakan permintaan dari pihak keluarga.

Beby mengatakan, pada pesta pernikahan Bobby-Kahiyang yang digelar sesuai Adat Mandailing pada tanggal 24 dan 25 November 2017, pihaknya sudah mempersiapkan beberapa menu khas Mandailing.

“Saat pesta adat di tanggal 24 dan 25 November, menu yang akan disajikan adalah makanan khas Tapanuli Selatan. Mulai dari sayur daun ubi tumbuk, ikan sale gulai, sale balado dan sambal tuktuk,” ungkapnya, Rabu (22/11).

“Untuk main course (hidangan utama) ada pakat dan holat. Itu Makanan khas Mandailing” jelas Beby.

Bagi masyarakat Sumatera Utara (Sumut) khususnya suku Mandailing sangat awam dengan pakat. Pakat adalah rotan muda yang menjadi bahan baku makanan. Pakat bisa masak dengan berbagai cara, misalnya dibakar atau pun disayur.

Selain pakat juga ada holat makanan has dari Kabupaten Padang Lawas. Holat adalah makanan yang disajikan untuk raja. Holat berupa masakan yang bahan dasarnya ikan, diolah seperti ikan bakar yang diberikan kuah. Cita rasa holat terletak dari bahan-bahan bumbu yang diracik dan menimbulkan rasa gurih.

Sementara itu, untuk tanggal 26 pada resepsi umum, menu yang disajikan sama seperti resepsi pada umumnya. “Menu nasional untuk tanggal 26. Karena resepsi umum,” paparnya.

Sementara itu, untuk minuman, pihak catering menyajikan tiga jenis minuman. Mulai dari jus markisa terong belanda, markisa cocktail dan fruit punch.

Beby dibantu 30 pekerja guna merampungkan masakan untuk 10.000 porsi. Pada hari H, pihaknya telah menyiapkan 300 orang pramusaji untuk melayani konsumsi para tetamu yang hadir. (bew/JPC)

Update