batampos.co.id – Empat partai politik akhirnya melengkapi persyaratan pendaftaran keikutsertaannya jelang pemilihan umum legislatif pada 2019 mendatang. Keempat parpol itu adalah Partai Bulan Bintang, Partai Republik, Partai Idaman dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia. Berkas keempat partai ini telah diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang, Rabu (22/11) malam.

Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria membenarkan hal tersebut. Ada dasar hukum yang membuat keempat parpol ini boleh mengajukan usulan pendaftaran keikutsertaannya.

“Sesuai keputusan Bawaslu RI partai yang tak lolos pendaftarannya pada pendaftaran pertama kemarin, diperbolehkan untuk menyusul,” terang Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria, Kamis (23/11) kemarin.

Untuk selanjutnya, sambung Robby, tahapan yang akan dijalani keempat partai tersebut sama dengan parpol-parpol yang sebelumnya telah mendaftar, yakni dengan langsung menjalani verifikasi faktual. Sementara parpol lain yang telah melakukan pendaftaran, kata Robby, sedang menjalani perbaikan kelengkapan persyaratan pendaftaran.

Dengan telah mengajukan berkas pendaftaran ke KPU Tanjungpinang, empat parpol tersebut menggenapi jumlah parpol yang direncanakan bakal mengikuti kontestasi pemilihan umum di Tanjungpinang menjadi 18 partai politik.

“Nanti hasil dari verifikasi ini yang akan menentukan apakah partai itu bisa ikut pemilu atau tidak,” pungkas Robby. (aya)

Respon Anda?

komentar