Selasa, 19 Maret 2024

Kegiatan Utama KEK Galang Batang Ditetapkan

Berita Terkait

Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat menggelar rapat pelaksanaan kegiatan utama KEK di Galang Batam, Kamis (23/11). F. Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyebutkan KEK Galang Batang sudah sangat siap untuk kehadiran investasi. Kepada investor selalu diyakinkan bahwa banyak manfaat dan insentif didapat jika berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Saya ini tukang jualan untuk mendatangkan investasi ke Kepri. Saya harus sampaikan banyak keunggulan jika berinvestasi di daerah kami,” kata Nurdin saat menghadiri rapat Pembahasan Bidang Usaha yang menjadi Kegiatan Utama KEK di Sekretariat Dewan Nasional KEK, di Jakarta, Kamis (23/11) pagi.

Rapat ini dipimpin langsung Sekretaris Dewan Nasional KEK Enoh Suharto Pranoto. Hadir juga Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Wahyu Utomo dan Wakil Ketua III Tim Pelaksana Dewan Nasional KEK Budi Santoso.

Menurut Nurdin pihaknya selalu meyakinkan kepada investor bahwa insentif di KEK lebih banyak dan sangat menguntungkan. Apalagi, posisi KEK Galang Batang sangat bagus karena berada di jalur perdagangan dunia.

“Letak bagus, bahan baku tersedia, dan ini menunjukkan salah satu daya saing kita,” kata Nurdin.

Dewan Nasional KEK, melihat bahwa kawasan Galang Batang siap beroperasi. Ke depan, kegiatan utama di kawasan ini segera diputuskan dalam peraturan.

Dari rapat itu, terdapat kesimpulan sementara tentang kegiatan utama di KEK Galang Batang. Kegiatan utamanya antara lain pembangunan dan pengelolaan kawasan, industri pengolahan bauksit, logistik dan penyedia infrastruktur kawasan.

“Semua investasi kegiatan utama akan mendapat tax holiday, di luar itu masih ada tax allowance,” kata Enoh tentang KEK Galang Batang.

Pemerintah memenah berencana ingin membangun industri dasar dan turunan sehingga memperoleh tax holiday. Terutama untuk industri utama yang berbasis sumberdaya lokal.

Di kawasan Galang Batang, yang kegiata utamanya adalah pengolahan bauksit, memang memungkinkan untuk hal itu. Apalagi kandungan bauksit di Pulau Bintan juga cukup tinggi. (bni)

Update