Rabu, 24 April 2024

Tahun Ini, Tujuh Pasien Menderita Kangker Rahim

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Lingga di tahun ini mencatat sedikit 7 orang dicurigai menderita/mengidap penyakit kanker rahim. Dari tujuh penderita tersebut satu diantaranya meninggal dunia dan penderita kanker payudara juga satu orang meninggal.

Sesuai data pemeriksaan deteksi dini kanker rahim dan payudara yang dilakukan di RSUD Dabo Singkep sejak 5 Oktober lalu dari 111 orang yang memeriksakan diri, 2 orang diantaranya di curigai menderita kanker rahim dan 6 orang kanker payu dara.

Menyikapi hal ini DKPPKB Lingga berupaya mengambil langkah pencegahan dengan mengelar rapat teknis lintas sektoral tentang deteksi dini kanker rahim dan payu dara, bersama Kepala Puskesmas Daik, kepala TU, kepala PKM, PKK Kabupaten Lingga, PKK Kecamatan Daik, GOW, Kelurahan dan Kader Kesehatan di wilayah Kabupaten Lingga. Kegiatan tersebut dibuka Camat Daik Lingga Yulius SKM, dengan nara sumber, Kasi PTM penyakit tidak menular, Khasam Iskandar SKM MPH, berlangsung di ruang Aula Kantor Camat Daik, Rabu (22/11).

Kepala DKPPKB Lingga, M. Syamsu Rizal, melaui Kabid P2P Maliayana, mengatakan untuk penderita penyakit kanker rahim di tahun 2017 ini, Dinas Kesehatan Lingga sesuai data yang dihimpun tercatat sedikitnya 7 pasien penderita kanker rahim, satu diantaranya meninggal dunia, sementara untuk data pasien Kanker payudara satu orang juga telah meninggal, kata Maliana

Untuk ada akurat bagi penderita kanker payi dara dinas kesehatan belum dapat mengimputnya, di karenakan si pasien tidak pernah memeriksakan dieinya sejak dini, Dinas sendiri baru mengetahuinya setelah di nyatakan Stadium , ungkap Maliana

Kegiatan ini sendiri di gelar bermaksud agar peserta yang hadir setelah di berikan pembekalan dapat memsosialisasikannya kemayarakat terutama Penting nya deteksi dini kanker rahim dan payudara.

Selain itu, disampaikannya juga kepada seluruh lapisan masyarakat dapat mengikuti kegiatan diteksi dini kanker rahim dan payu dara di buka secara gratis tampa di pungut biaya kegiatan ini juga di dukung oleh Dinkes Provikepri dilaksanakan di PKM Daik, untuk wilayah dabo sudah pernah dilakukan pada bulan lalu di RSUD Dabosingkep.

” jaka nantinya yang diteksi di ketahui positif kanker rahim penderita dapat di obati secara langsung di Puskesmas batu 10 Tanjung Pinang g dan di Puskesmas Sungai Panas Batam” katanya. (wsa)

Update