Kamis, 25 April 2024

Ada Kesempatan jadi Guru dan Tenaga Medis di Pemko Batam

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara, Repormasi dan Birokrasi (KemenpanRB) berencana membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 mendatang.

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad menyambut baik pembukaan CPNS tersebut, mengingat hingga saat ini kebutuhan PNS di tingkat kota terbilang cukup besar.

“Ya, Alhamdulillah dibuka kembali setelah cukup lama kota tidak ada penerimaan,” kata Amsakar usai menghadiri upacara pembukaan Perkemahan Pesisir Saka Bahari di Ocarina, Jumat (24/11).

Amsakar mengungkapkan kebutuhan PNS yang akan diajukan tergantung dari analisis kebutuhan di masing-masing OPD nantinya. “Jadi setelah kami data dan hitung berapa banyaknya, baru diajukan ke kementerian. Mengenai berapa kuota yang diberikan untuk Batam ya tergantung dari kementerian,” jelasnya.

Mengenai formasi kebutuhan PNS di lingkungan Pemerintah Kota Batam sendiri, menurutnya masih sama seperti yang disebutkan Walikota Batam beberapa waktu lalu yakni tenaga guru, tenaga medis hingga insinyur teknik. “Inilah yang mendesak,” sebutnya.

Tenaga guru dan medis merupakan salah satu prioritas yang akan diajukan pada penerimaan CPNS tahun mendatang, seiring semakin bertambahnya pembangunan sekolah dan puskesmas yang di bangun pemerintah kota Batam.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Batam, kebutuhan PNS untuk tenaga guru mencapai 1.200 orang. Untuk mengatasi kebutuhan tersebut, Pemko Batam dibantu dengan keberadaa tenaga guru honorer yang saat ini mengajar di sekolah yang ada di Batam.

Mantan Kepala Dinas KUKM Batam ini menambahkan masih menunggu petunjuk teknis mengenai penerimaan CPNS nanti. “Kami masih tunggu pemberitahuan resmi dari Kemenpan RB terkait hal ini, setelah itu baru kami lakukan pendataan,” tambah pria 49 tahun ini.

Sebelumnya, MenpanRB, Asman Abnur mengatakan tahun 2018 mendatang, pemerintah berencana akan membuka penerimaan CPNS mulai dari lingkungan kementerian hingga kabupaten/kota. Mengenai kuota yang akan dibuka, pihaknya masih mendata berapa jumlah formasi yang akan dibuka nanti. (cr17)

Update