Jumat, 29 Maret 2024

TNI AL Gelar Latihan Bersama Angkatan Laut Brunai

Berita Terkait

KRI Raden Eddy Martadinata 331 saat merapat di pelabuhan TNI AL di Sabang Mawang Natuna usai latihan bilateral bersama Angkatan Laut Diraja Brunai Darussalam, dengan Kapal laut Diraja Brunai (KDB) Daruttaqwa 09. F. Aulia Rahman/Batam Pos.

batampos.co.id – Dua Kapal Perang milik TNI Angkatan Laut KRI Raden Eddy Martadinata 331 dan Angkatan Laut Diraja Brunei Darussalam, Kapal Laut Diraja Brunei (KDB) Daruttaqwa 09, merapat di Pelabuhan Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga Natuna, Sabtu (25/11) kemarin. Kapal ini akan dilibatkan dalam latihan bilateral di perairan Natuna Utara.

Kedatangan dua kapal perang angkatan laut Brunai disambut Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Tony Herdijanto di pelabuhan Pos AL Sabang Mawang. Kedua Kapal perang tersebut telah mewakili negara masing- masing dalam Latihan Multilateral Angkatan Laut negara Asean (International Fleet Review 2017 /Asean Multilateral Naval Exercise 1- AMNEX-1/2017) di Thailand. Dan dilanjutkan latihan bilateral dengan sandi Helang Laut, yang merupakan agenda rutin dari Angkatan Laut kedua negara.

Sementara dalam latihan tersebut TNI AL melibatkan KRI Raden Eddy Martadinata (REM)-331, merupakan Kapal perang Produksi PT. PAL Indonesia , kapal perusak kawal rudal Jajaran Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) dengan Komandan Kolonel Laut (P) Agam Endrasmoro.

“Latihan bilateral kita mulai selama dalam perjalanan dari Satahi (Thailand) menuju ke Ranai. Alhamdulillah semua latihan yang dijadwalkan dapat terlaksana dengan baik,” jelas Dan KRI.

Dalam latihan tersebut, KRI berawakan 115 Prajurit Angkatan Laut termasuk Komandan KRI. Sementara KDB Daruttaqwa berawakkan 60 orang termasuk Komandan, dibawah pimpinan Komandan KDB Leutnant Comander Rasman Bin Putih.

Kedatangan kapal perang di Sabang Mawang disambut tarian persembahan adat melayu. Usai bersandar dipelabuhan, para komandan dan perwira kedua kapal perang dengan didampingi Danlanal Ranai, melakukan kunjungan Kehormatan dan silaturahmi kepada Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti.

Komandan Lanal Ranai, Kolonel Laut (P) Tony Herdijanto mengungkapkan, bahwa kedatangan KRI RE. Martadinata dan KDB.Daruttaqwa, merupakan sebuah kehormatan bagi Lanal Ranai.

“Kami dari Lanal Ranai sebagai unsur pendukung dari latihan bilateral ini cukup berbangga hati,karena telah disinggahi oleh kedua kapal perang ini. Dan tentunya kami akan beri yang terbaik selama kedua kapal berada di Natuna,” ungkap Danlanal.

Selama di Natuna para awak kapal akan mengikuti kegiatan yang telah diagendakan sejak hari pertama, yakni Fun Game Helang Laut Cup, yang juga akan diikuti oleh warga Desa Sabang Mawang.(arn)

Update