Jumat, 29 Maret 2024

Pelatihan ICT Bagi Pelaku Industri Rumahan

Berita Terkait

batampos.co.id – Pelatihan Information and Communications Technology (ICT) bagi pelaku industri rumahan oleh Kementrian Perberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM) beserta Politeknik Negeri Batam, resmi selesai pada Sabtu Minggu 25-26 November 2017.

Dihadiri para ibu di Batam yang mempunyai usaha di bidang pangan, kerajinan tangan, penjahit, pertanian, perikanan dan peternakan. Acara ini dihadiri total 240 orang selama dua hari.

Ketua Panitia Pelatihan, Afdhol Dzikri mengatakan dalam rangkaian pelatihan ini diadakan beberapa program pelatihan yang mendukung penguasaan keahlian teknologi informasi dan komunikasi. Pelatihan tersebut merupakan pembelajaran teori dan praktek secara langsung yang meliputi pengenalan ICT bagi industri rumahan.

Materi seperti pelatihan termasuk pengenalan ICT bagi industri rumahan, mencari informasi menggunakan internet, menghitung biaya produksi dan harga jual.

“Selain itu, teknik bagaimana memasarkan produk menggunakan media sosial, korespondensi, surat menyurat, membuat profil usaha dan pengajuan kebutuhan dana,” jelas Afdhol.

Dia melanjutkan bagi Politeknik Negeri Batam, dasar dari kegiatan ini yakni sebagai implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk para industri rumahan sebagai bentuk dari pengabdian masyarakat.

Pria yang menjabat sebagai Ketua Program Studi Teknik Informatik ini berharap semoga industri bisa terbantu dalam meningkatkan usahanya dalam sisi profit dengan menggunakan TIK.

“Pelatihan ini, insyaallah akan berkesinambungan dengan pelatihan selanjutnya di tahun depan untuk memajukan perekonomian di Kota Batam dengan bantuan TIK,” terangnya. (cr17)

Update