Jumat, 29 Maret 2024

Riang di Kebun Binatang, KCW Bikin Anak Senang

Berita Terkait

Anak-anak didampingi orang tuanya menikmati wahana bermain di pelataran Kijang City Walk, Kecamatan Bintan Timur. F: Fara/Batam Pos.

batampos.co.idMinim dana bukan kendala untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga tercinta.

Kenyataannya, tidak semua tempat berlibur itu menguras dana. Bagi keluarga yang hendak menciptakan waktu kualitas boleh mencoba melancong ke Bintan Timur.

Menyusurlah ke kawasan Kota Kijang. Dengan jarak tempuh kurang 30 menit dari Tanjungpinang, Kijang bisa jadi wahana berlibur bila sudah bosan menjelajah sepanjang kawasan pesisir pantai Trikora di sisi lain Pulau Bintan.

Kijang memang tidak punya pantai seindah Pantai Trikora. Tapi, memang bukan itu tujuannya. Berlibur ke Kijang adalah cara lain merayakan akhir pekan yang menggembirakan. Di sini, ada Masjid Nurul Iman, masjid terbesar se-Kabupaten Bintan.

Ada juga kawasan pujasera yang menjajakan penganan khas Bintan. Sehadapannya ada kolam bekas tambang yang menyejukkan mata dipadu kerindangan pohon yang berbaris sepanjang tepi.

Bergeser sekitar dua puluh meter, ada kebun binatang mini. Jangan dibayangkan kebun binatang di timur Bintan ini punya banyak koleksi binatang yang bisa dipamerkan, sebagaimana kebun binatang Ragunan, Jakarta. Karena ditilik dari namanya; Mini Zoo, sudah bisa dibayangkan bahwa kebun binatang yang buka setiap hari dari pukul 09.00-17.00 WIB ini hanya menyajikan sebagain kecil fauna yang ada di dunia margasatwa. Namanya juga mini.

Ada kalkun, rusa, iguana, beruang madu, buaya, orang utan, monyet, owa jawa, musang, kelinci, kelelawar, ular sanca. Ada juga pelbagai jenis burung yang dikandangkan. Mulai dari kakak tua, parkit, perkutut, burung unta, nuri, elang, merak, dan enggang.

Seluruh koleksi binatang itu bisa dinikmati secara gratis oleh para pengunjung. Karena tak ada biaya masuk yang dikenakan. Tak pelak, karena digratiskan, pengunjung dari kawasan Kijang, Tanjunguban, dan Tanjungpinang membludak dan memenuhi kebun binatang ini. Biasanya, di akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

Pengunjung yang datang ke Mini Zoo juga beragam. Mulai dari anak-anak, sekeluarga, hingga sepasang kekasih yang melangut akhir pekan di sana. Kesannya bermacam-macam. Bagi kebanyakan anak-anak, mengunjungi kebun binatang adalah melihat hewan-hewan yang sebelumnya tak akrab di mata mereka. “Wow, ada beruang hitam besar,” kata bocah usia lima tahunan yang berdiri sedepa di hadapan kandang beruang madu.

Sementara bagi keluarga-keluarga yang menghabiskan akhir pekan di sana, mempunyai kesan bahwa Mini Zoo di Kijang ini tempat yang nyaman untuk berakhir pekan. “Di sini, punya gazebo dan pondok-pondok yang bersih,” kata Aini, pengunjung dari Tanjungpinang yang memboyong suami dan tiga anaknya ke Mini Zoo.

Setelah puas berkeliling di kebun binatang, jangan keburu pulang. Tepat di seberang jalan, kini telah berdiri pelataran Kijang City Walk (KCW). Dibangun melalui gelontoran dana dari pemerintah pusat, kawasan ruang terbuka hijau ini dilengkapi dengan wahana bermain anak-anak. Sementara di sisi lain ada sebidang pelataran luas yang bisa jadi tempat anak-anak bersepeda.

Rina, pengunjung dari Tanjunguban, terlihat sibuk menemani kedua anaknya bermain. Pekerja di swasta ini mengaku, baru mengetahui keberadaan KCW dari koleganya. “Dia kirim fotonya. Saya baru tahu dan baru sempat ke sini sekarang. Padahal sudah dibuka sejak lama,” katanya lantas tertawa.

Menurut Rina, keberadaan KCW adalah tempat alternatif menghabiskan waktu berkualitas bareng keluarga. Bersama suami dan kedua anaknya, ia mengaku sudah menyiapkan kegiatan berlibur ke Kijang jauh-jauh hari. Rina kebagian jatah menyiapkan bekal makanan.

“Kan liburan memang tidak harus makan di restoran. Kadang masakan di rumah tapi disantap di luar ruang semacam ini juga sangat berkesan,” kata perempuan 35 tahun ini. Rina juga sepakat bahwasanya minim dana bukan alasan untuk tidak menghabiskan waktu berkualitas bareng keluarga. “Kalau nunggu punya duit banyak, ya nggak liburan-liburan malahan,” katanya. (aya)

Update