Kamis, 18 April 2024

Wabup Minta Distribusi Beras Rastra Dihentikan

Berita Terkait

 Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim menunjukkan kualitas Rastra di gudang Bulog yang kualitasnya kurang bagus. F.Humas untuk Batampos

batampos.co.id – Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim meminta kepada Bulog untuk menghentikan sementara pendistribusian beras. Kualitas beras berwarna, dan kurang bagus untuk dikonsumsi menjadi alasannya.

Laporan dari masyarakat yang diterima langsung direspon Wakil Bupati dengan melakukan inspeksi mendadak ke gudang milik Bulog di Parit Rempak, Kecamatan Meral, Senin (27/11) lalu. Hasilnya, memang diketahui kualitas beras milik Bulog kurang bagus, dan berwarna.

“Memang saya minta distribusi beras Bulog dihentikan sementara. Dan diganti dengan kualitas bagus. Karena saat sidak masih ditemukan berasnya berwarna sehingga dinilai kurang bagus untuk dikonsumsi,” tegas Wabup.

Untuk penghentian distribusi ini, lanjut Wabup, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kepala Sub Divre Bulog Batam. Artinya, pemerintah meminta beras yang kurang layak diganti secepatnya. “Yang sudah bagus, silahkan lanjut didistribusikan,” tuturnya.
Saat sidak, Wabup didampingi Plt Kadis Sosial Syahruddin, dan Kepala Bagian Ekonomi, Tohap. Kedatangan rombongan Wabup sekitar pukul 08.30 WIB, disambut penjaga gudang Bulog.

Diakui Wabup, sidak yang dilakukan setelah ada laporan dari masyarakat terkait kualitas beras Bulog yang disinyalir kurang bagus. Untuk menyakinkan laporan tadi, bersama Plt Kadis Sosial, dan Bagian Ekonomi, dirinya meninjau langsung ke lokasi.

Sementara Plt Kepala Dinas Sosial Karimun Muhammad Syahruddin membenarkan ada beberapa kantong beras di gudang Bulog kondisinya tidak layak konsumsi.
“Saat sidak, kami sempat membuka beberapa karung untuk melihat kondisi berasnya. Ternyata ditemukan ada kondisi beras rastra yang tak layak konsumsi,” beber Syahruddin.

Diinfokan, rastra yang disimpan di gudang Bulog dikemas dalam ukuran karung 50 kg, dan 15 kg. Beras dalam karung 50 kg dalam kondisi baik, sementara yang 15 kg tak layak konsumsi. Kepala Sub Divre Bulog Batam, Jamal ketika dikonfirmasi membenarkan pihaknya sudah dikonfirmasi hasil temuan sidak wabup tersebut. Terhadap rastra yang dinilai kurang layak untuk dikonsumsi, segera dilakukan penggantian.
“Sesuai dengan permintaan Wabup, kita segera menggantikan rastra yang dinilai kurang layak tadi. Sehingga masyarakat tidak terlalu lama menunggu,” ujar Jamal. (enl)

Update