Iklan
Petugas BMKG memantau kondisi cuaca. Foto: Dok Batam Pos.

batampos.co.id – Stasiun badan meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ranai memprediksi wilayah Natuna cenderung terjadi hujan beberapa hari ke depan dengan intensitas ringan hingga hujan lebat. Namun saat ini belum memasuki musim angin Utara.

Perakirawan BMKG Ranai Asrul Saparudin menjelaskan, fenomena alam di Natuna yang terjadi setiap penghujung tahun atau disebut musim angin Utara di perkirakan akan terjadi pada pertengahan bulan Desember mendatang.

“Saat ini Natuna belum masuk musim angin utara, karena ada daerah tekanan rendah di perairan Natuna. Sehingga menghalangi masuknya angin dari Utara,” kata Asrul, Rabu (29/11).

Dari analisa sementara saat ini terlihat tekanan tinggi di daratan Cina bagian utara sudah tinggi. Tetapi pengaruhnya masih belum sampai di wilayah perairan Natuna. Diprakirakan mendekati pertengahan bulan Desember angin mulai dari arah Utara ke Timur Laut dengan kecepatan berkisar 5 kilo meter per jam hingga 20 kilo meter per jam. Tetapi
masih dalam pantauan analisa sementara.

Perakiraan cuaca beberapa hari ke depan kata Asrul, masih banyak terjadi pertumbuhan awan, terutama awan gelap dan tebal (awan kovektif,red). Pengaruh cuaca wilayah Natuna karena terjadinya daerah tekanan rendah di perairan, membentuk angin yang menyebabkan dan pertumbuhan awan yang berpeluang terjadi pada pagi, siang dan malam.

“Gelombang signifikan dapat terjadi antara 1 sampai 3 meter di laut Natuna bagian Utara. Dengan kecepatan angin maksimum dapat mencapai 40 kilo meter per jam dari arah Timur bertiup ke Tenggara. Saat ini masih direkomendasikan cuaca buruk, tetap diimbau kepada masyarakat dan nelayan tetap waspada dan berhati-hati, tidak melaut terlalu jauh
sampai cuaca stabil,” imbau Asrul.(arn)