Selasa, 23 April 2024

Pesan Kapolri untuk Kapolda Kepri

Berita Terkait

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kiri) menyaksikan Kapolda baru Kepri Irjen Didid Widjarnadi (kanan) menandatangani berkas Sertijab saat Serah Terima Jabatan Pejabat Tinggi Polri dan Kapolda, di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (29/11). Polri melaksanakan upacara serah terima jabatan tiga kapolda dan dua pejabat Polri.FOTO:MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

batampos.co.id – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melantik sekaligus memimpin serah terima jabatan (Sertijab) tiga kapolda di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (29/11). Tiga kapolda tersebut yakni Kapolda Kepulauan Riau, Kapolda Sulawesi Selatan, dan Kapolda Kalimantan Barat.

Irjen Didid Widjanardi dilantik menjadi Kapolda Kepulauan Riau (Kepri). Ia menggantikan Kapolda Kepri sebelumnya Irjen Sam Budigusdian yang dimutasi menjadi perwira tinggi Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri penugasan pada Lemhanas RI.

“Bahwa saya, selaku pejabat Kepolisian Negara Republik Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila UUD RI tahun 1945 dan NKRI. Bahwa saya akan mentaati segala peraturan perundang-undangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian kesadaran dan tanggung jawab,” kata Tito diikuti tiga kapolda yang dilantik, kemarin.

Setelah pembacaan sumpah itu, Kapolri mengingatkan kepada ketiga kapolda untuk tidak melanggar sumpah jabatan. Menurut dia, banyak konsekuensi yang harus diterima oleh pejabat baru itu atas sumpah jabatan yang mereka ucapkan. “Apabila melanggar sumpah ini akan menjadi konsekuensi di dunia dan akhirat,” katanya.

Usai pelantikan, ketiga kapolda tersebut langsung meninggalkan Rupatama. Kapolda Kepri Irjen Didid Widjanardi juga bergegas karena harus terbang Batam pada sore harinya. Karenanya, ia enggan melayani wawancara dengan wartawan. “Sebentar ya. Saya masih ada urusan yang harus diselesaikan,” katanya sambil menuju ruang lain di Mabes Polri.

Selain Irjen Didid Widjanardi, Kapolri melantik Irjen Umar Septono sebagai Kapolda Sulsel yang sebelumnya dijabat Irjen Muktiono. Irjen Mukti sendiri dimutasi menjadi Kordinator Staf Ahli Kapolri.

Kemudian Brigjen Didi Haryono dilantik menjadi Kapolda Kalbar. Ia menggantikan Irjen Erwin Triwanto yang dimutasi ke Analis Kebijakan Utama Akpol Lemdiklat Polri.

Tiga pejabat yang dilantik itu adalah bagian dari 475 perwira tinggi dan perwira menengah Polri yang dibebaskan dari jabatan dan dimutasikan ke jabatan baru. Mutasi ini tertuang dalam surat telegram Kapolri dengan nomor ST/2750/XI/2017 tertanggal 16 November mber 2017.

Setelah dilantik Kapolri, Kapolda Kepri Irjen Didid Widjanardi langsung terbang ke Batam, Rabu (29/11) sore. Didid beserta istri dan rombongan disambut dengan tari persembahan di ruang VVIP Bandara Hang Nadim Batam, kemarin. Selanjutnya, rombongan bergerak ke Mapolda Kepri. Padatnya jadwal membuat kapolda baru tersebut enggan diwawancarai wartawan.

“Sekarang belum bisa wawancara, besok saja ya…,” kata Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Erlangga, Rabu (29/11).

Pantauan Batam Pos, selain kapolda baru, kapolda lama Irjen Sam Budigusdian juga ikut datang dari Jakarta. Hanya saja, Sam tak melalui VVIP bandara melainkan lewat pintu penumpang biasa. Dari sana Sam langsung menuju Mapolda untuk menyambut penggantinya itu.

Erlangga melanjutkan, penyambutan kapolda baru akan berlanjut hingga hari ini, Kamis (301/11). Nantinya juga ada proses pedang pora untuk menyambut Didid.

Lalu dilanjutkan dengan ramah tamah antara kapolda lama Irjen Pol Sam Budigusdian dengan Irjen Pol Didid Wijanardi. “Memori serah terima jabatan akan dilaksanakan di Rupatama Mapolda Kepri,” ucapnya.

Setelah itu akan dilaksankan farewell parade. Siangnya, seluruh jajaran Polda Kepri akan melaksanakan tradisi pelepasan Kapolda Kepri yang lama. Sam Budigusdian akan dilepas dengan upacara pedang pora. Lalu diantar menuju gerbang Mapolda Kepri.

“Acara pisah sambut digelar malam harinya di Hotel Radisson Batam,” ungkap Erlangga. (uma/ska)

Update