KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto (dua dari kanan) bersama Kapolri, KSAL, dan KSAD. (Miftahulhayat/Jawa Pos)

batampos.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya menyiapkan satu nama untuk pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI.

Calon tunggal itu yakni Kepala Staf Anggkatan Udara (KSAU) Marsek‎al TNI Hadi Tjahjanto. Keputusan itu berdasar surat dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang diterima Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Fadli Zon mengatakan, pihaknya baru saja bertemu Mensesneg Praktino. Dalam pertemuan itu, Praktikno menyerahkan surat penunjukan calon panglima TNI dari Presiden Jokowi.

“Surat dari Presiden tentang rencana pemberhentian dengan hormat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan juga pengangkatan untuk pergantian kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai panglima yang baru,”‎ ujar Fadli saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/12).

Fadli menambahkan, Presiden Jokowi hanya menunjuk Hadi Tjahjanto untuk menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo. “Iya hanya satu nama saja yang diampaikan,” katanya.

Oleh sebab itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini bersama pimpinan DPR lainnya akan menyelenggarakan rapat pimpinan untuk membahas surat pergantian posisi Panglima TNI itu. “Kebetulan nanti juga kami akan menyelenggarakan rapat pimpinan,” pungkasnya.

Sekadar informasi, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan pensiun dari karir militernya pada Maret 2018 nanti. Saat ini pun surat pergantian Gatot juga sudah diajukan oleh Preisden Jokowi dengan menunjuk KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (ce1/gwn/JPC)

Respon Anda?

komentar