Sabtu, 20 April 2024

Rp 11,2 Miliar untuk Tambah Tiga Alat Berat

Berita Terkait

Excavator jenis amfibi milik Bina Marga Kota Batam  F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Pemko Batam menganggarkan Rp 11,2 miliar untuk penambahan tiga alat berat di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018. Penambahan alat berat itu diperuntukan untuk mengatasi permasalahan banjir di kota Batam.

“Tahun ini melalui dinas bina marga sumber daya air kita anggarkan untuk menyelesaikan masalah banjir,” kata Ketua Komisi III DPRD Batam, Nyanyang Haris Pratamura, Minggu (3/12).

menurut dia, Komisi III selalu besinergi untuk pengawasan mitra kerjanya. Ketiga alat berat itu adalah dua unit long arm excavator dan satu unit excavator amfibi. “Apa saja yang jadi aspirasi masyarakat, pelan-pelan kita selesaikan,” terang Nyanyang.

Kepala Dinas Bina Marga Sumber Daya Air Pemko Batam, Yumasnur mengatakan, pengadaan alat ini bertujuan menambah kekuatan untuk penanganan banjir. Alat berat ini digunakan untuk proses normalisasi drainase, parit, dan pekerjaan lainnya.

Diakui Yumasnur, dari enam alat berat yang baru didatangkan dinilai belum bisa mencakup semua kawasan banjir. Untuk itu, pihaknya kembali mengusulkan untuk pengadaan tiga alat berat lagi di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018.

“Diperkirakan Maret atau April sudah datang alatnya,” ujar Yumasnur.

Sebelumnya, Pemko sudah menggelontorkan Rp 12 miliar lebih untuk enam alat berat.

Ia menambahkan, penanganan banjir memerlukan waktu yang tidak sebentar. Meskipun titik banjir lama beberapa diantaranya sudah diatasi. Namun muncul lagi titik baru akibat pembukaan lahan sehingga sedimentasi jadi cepat menumpuk.

“Selain itu perilaku sebagian masyarakat membuang sampah sembarangan juga menimbulkan banjir,” ucap dia. (rng)

Update