Sejumlah wisatawan berakhir pekan di Kawasan Wisata Lagoi Bay Bintan, Minggu (20/8). F.Yusnadi/Batam Posata

batampos.co.id – Hingga Oktober 2017, jumlah kunjungan wisman baru mencapai 11,6 juta kunjungan.

Sementara, Pemerintah menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2017 sebesar 15 juta orang.

Artinya, dalam dua bulan waktu yang tersisa, pemerintah harus mampu menarik wisman sebanyak 3,4 juta orang. Sayangnya, upaya tersebut masih memunculkan pesimisme. Alasannya, jumlah kunjungan wisman Oktober mengalami penurunan 4,54 persen dibanding September 2017.

Di samping itu, dalam beberapa pekan terakhir Indonesia tengah diguncang meletusnya Gunung Agung, Bali. Hasilnya, sejumlah penerbangan dibatalkan dan bandara di Bali dan sekitarnya harus ditutup.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto mengatakan, bencana yang terjadi di Gunung Agung diharapkan tidak berlangsung hingga akhir Desember. Sebab, jika terus berlangsung, pihaknya pesimis target 15 juta wisman tercapai.

“Pertanyaannya, November sama Desember dengan ini tercapai tidak 15 juta? kita harus tunggu Desember. Kalau lihat tren jumlah peningkatannya pesat, tapi ini kalau Gunung Agung dampaknya kita harapkan tidak terjadi terus menerus,” ujarnya di Gedung BPS, Jakarta, Senin (4/12).

Meski demikian, dirinya tetap optimis target tersebut bisa tercapai. Hal itu mengacu dari perbaikan jumlah kunjungan wisman dari Januari hingga Oktober 2017. Tercatat bahwa Agustus mengalami jumlah kunjungan terbesar yakni 1,4 juta kunjungan.

“Kedua, sampai Januari-Oktober 2017 itu jumlah wisman 11,6 orang. Kalau kita lihat bulan ke bulan, selama 2017 yang paling tinggi Agustus 1,4 juta,” pungkasnya. (ce1/hap/JPC)

Respon Anda?

komentar