Kamis, 28 Maret 2024

Desember Momentum Tingkatkan Kunjungan Wisman

Berita Terkait

Wisatawan asing saat mengunjungi Tanjungpinang. Foto: Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Iklim pariwisata Kepulauan Riau tinggal bisa berharap pada Desember. Bulan penghujung tahun ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara. Hal ini terlihat dari jumlah kedatangan wisman tiap bulannya yang terangkum Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri.

Dalam setahun, peningkatan wisatawan mencanegara selalu terjadi sepanjang Desember. “Tren ini yang diharapkan mampu ditangkap oleh pemerintah daerah, menjadi peluang untuk lebih ditingkatkan dari pada tahun sebelumnya,” tutur Kepala BPS Kepri, Panusunan Siregar, Senin (4/12) kemarin.

Pada Desember 2014 jumlah wisman yang berkunjung ke Tanjungpinang mencapai 10.607 orang. Sementara pada Desember tahun berikutnya, 2015, jumlah wisman ke Tanjungpinang mencapai 10.966 orang. Lalu pada Desember 2016 jumlah wisatawan asing ke Tanjungpinang berjumlah 10.855 orang.

Melihat tren peningkatan jumlah wisman masuk setiap penutupan tahun ini. Pria yang akrab disapa Siregar, menyarankan agar pemerintah fokus dengan jumlah wisman tertinggi dan tidak memasang target secara global.

“Tiap bulannya jumlah wisman masuk asal Singapura dan Malaysia mendominasi. Harusnya fokus juga ke wisman dua negara ini,” ucap Siregar.

Siregar menuturkan sekitar 50 persen jumlah wisman yang masuk Tanjungpinang bahkan se-Kepri merupakan wisman Singapura. Lalu peringkat kedua, wisman asal Malaysia yang berkisar 12 persen dari jumlah total wisman masuk.

Dengan berfokus meningkatkan wisman asal dua negara tetangga ini, dipastikan Siregar Kepri dan masing-masing daerahnya, akan mampu menarik wisman lebih banyak lagi.

Sementara itu, sepanjang Oktober 2017, diakui Siregar terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisman jika dibandingkan Oktober 2016. “Oktober tahun 2017 ini jumlah wisman 161.770 orang. Naik 7,35 persen dibandingkan Oktober 2016,” terang Siregar.

Namun jumlah kedatangan pada Oktober 2017 ini justru menurun jika dibandingkan bulan sebelumnya. Berhubung pada September 2017 jumlah wisman mencapai 167.529 orang. “Turunnya sebesar 3,44 persen,” sambung Siregar. (aya)

Update