Selasa, 19 Maret 2024

Anwar Ketangkap Sembunyikan Sabu 169 Gram Dalam Anus

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Untuk yang kesekian kalinya, petugas Bandara Internasional Hang Nadim, Batam kembali mengamankan kurir sabu dari Malaysia. Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi (BKLI) Bea dan Cukai Batam, Raden Evy Suhartantio menjelaskan, Anwar Sakda diamankan Selasa (5/12/2017).

“Dia merupakan penumpang pesawat Lion Air dengan tujuan ke Aceh. Dia kita amankan sekitar jam sebelas siang di Bandara Hang Nadim,” ujar Evy kemarin sore.

Dijelaskan Evy, penangkapan terhadap Anwar bermula dari kecurigaan petugas yang melihat gerak-gerik Anwar yang mencurigakan sebelum masuk ke pintu pemeriksaan (X-Ray). Selanjutnya, petugas Bandara Internasional Hang Nadim melakukan pemeriksaan secara mendalam terhadap Amiruddin.

“Dari hasil pemeriksaan, didapatkan empat paket sabu yang disimpan oleh pelaku di dalam anusnya. Untuk total barang bukti sabu yang kita amankan seberat 169 gram,” bebernya.

Hingga Selasa (5/12) sore kemarin, Anwar masih menjalani pemeriksaan oleh pihak Bea dan Cukai Batam. Selanjutnya, Anwar akan diserahkan pihak Bea dan Cukai ke pihak yang berwenang guna pengembangan lebih lanjut.

“Tangkapan hari ini diduga temannya yang kemarin (Senin, red) kita tangkap. Tapi apakah mereka satu jaringan atau bagaimana, silahkan ditanyakan langsung kepada pihak yang melakukan pengembangan,” imbuhnya.

Sementara dari pengakuan Anwar, ia sudah dua kali melakukan penyelundupan sabu ke Batam dari Malaysia. Untuk dapat masuk ke Batam, ia melalui pelabuhan rakyat dan kemudian melanjutkan perjalanannya menuju ke Aceh.

Menurut dia, ini merupakan yang kedua kalinya ia membawa barang haram itu dari Malaysia dan masuk ke Indonesia. Namun, dalam usahanya yang kedua ini gagal setelah diamankan petugas bandara.

“Saya diupah 16 juta untuk bawa barang ini sampai ke Aceh. Saya tidak kenal sama siapa yang menyuruh saya ini,” ujar pria yang bekerja sebagai buruh bangunan di Malaysia ini. (cr1)

Update