Selasa, 23 April 2024

Baznas Anambas Siap Salurkan Bantuan

Berita Terkait

batampos.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kepulauan Anambas siap untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama kepada masyarakat yang tidak mampu di kabupaten termuda di Kepri ini.

Kepala Baznas Kabupaten Kepulauan Anambas Mustansyir, menjelaskan meski belum besar, tapi perolehan zakat berikut infaq dan shadakah dari masyarakat sudah mencapai Rp 650 juta per tahun. Pencapaian ini sudah melebihi target. Karena target yang diberikan dari Baznas Provinsi yakni sebesar Rp360 juta per tahun.

“Kita ini baru berdiri satu tahun lamanya, makanya Baznas Provinsi hanya menargetkan Rp360 juta pertahun. Target ini memang target yang masih rendah, tapi alhamdulillah kita sudah dapat melampaui target tersebut,” ungkapnya ketika ditemui di ruang kerjanya kemarin.

Uang perolehan dari zakat dan dari infaq shadakah tersebut selama ini sudah dipergunakan untuk membantu masyarakat miskin seperti anak sekolah yang tidak mampu membayar seragam sekolah, beasiswa anak sekolah, fakir miskin dan sebagainya. “Kalau ada masyarakat yang tidak mampu, kami siap untuk salurkan bantuan,” ungkapnya.

Lanjutnya, pada bulan Agustus kemarin, pihaknya sudah memberikan bantuan kepada sekitar 100 bantuan terhadap siswa dari SD sampai SMA berupa bantuan awal sekolah. “Ada yang kita bantu untuk membeli seragam dan sebagainya. Seumpama ada anak sekolah yang tidak mampu bayar uang bulanan, kita siap bantu,” jelasnya.

Berbiara mengenai potensi, maka Bazda di Anambas berpeluang untuk memperoleh galangan dana lebih besar. Pasalnya jika dilihat dari sisi jumlah pegawai di pemerintahan daerah, jumlahnya cukup banyak yakni mencapai kurang lebih 4000 orang. Jika semuanya mau berzakat, maka Baznas bisa memperoleh uang zakat beserta infaq dan shadaqoh yang lebih banyak lagi daripada sekarang ini. Namun sayangnya saat ini belum semua pegawai menyalurkan zakat mereka ke Baznas.

Kepala daerah dalam ini Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, beserta wakilnya Wan Zuhendra dan Sekertaris Daerah Sahtiar sangat mendukung penuh baznas. Bahkan mereka bertiga menjadi orang pertama dari pemerintah daerah yang menyalurkan zakat melalui baznas. “Pak bupati, wakil Bupati dan pak Sahtiar sudah lama menyalurkan zakat melalui Baznas. Mereka sudah berkomitmen untuk menyalurkan zakat penghasilan setiap bulan,” tukasnya. (sya)

Update