Jumat, 29 Maret 2024

BMGK: Batam masih Berpotensi Diguyur Hujan dan Dihembus Angin Kencang

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Hang Nadim Batam menyebutkan hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir serta angin kencang masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Batam.

Hal ini disebabkan adanya daerah bertekanan rendah di sekitar utara Pulau Sumatera yang menyebabkan banyaknya massa udara yang menuju ke wilayah tersebut sehingga uap air di sekitar wilayah Kepri menjadi berkurang. Namun, prakiraan nilai kelembapan udara di lapisan atas yang cukup tinggi masih berpotensi membentuk awan-awan konvektif yang menghasilkan hujan.

“Secara umum kondisi cuaca esok hari, Rabu (6/12) diprakirakan berpotensi terjadi hujan lokal yang dapat disertai petir dan angin kencang,” kata Kasi Datin BMKG Hang Nadim, Suratman.

Kondisi ini, menurut dia, masih kondusif untuk akivitas transportasi darat dan udara, untuk transportasi laut dan aktifitas kelautan diimbau untuk berhati-hati terhadap gelombang laut yang tinggi di wilayah perairan Natuna dan Anambas.

“Serta arus laut yang kuat di seluruh wilayah perairan Kepri,” lanjut dia.

Untuk wilayah Batam suhu udara 25 derajat celcius sampai 32 derajat celcius, ditambah dengan kecepatan angin mencapai 30 KM per jam. Kelembaban 65 persen sampai 95 persen.

Sebelumnya, hujan deras dan angin puting beliung yang menerjang lima rumah di kavling, Sei Lekop, Batam. Akibatnya, kondisi enam rumah tersebut rusak parah. Atap rumah habis total diterbangkan oleh angin puting beliung. (rng)

Update