Jumat, 29 Maret 2024

Capaian Target PBB 2017 masih Kurang 17 Miliar

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Tahun 2017 bakal berlalu kurang dari sebulan lagi. Pendapatan daerah dari Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) baru tercapai Rp 114 miliar dari target 131 miliar. Artinya, masih kurang Rp 17 miliar.

“Angkanya belum sampai (belum penuhi target, red), makanya kita panggil camat dan lurah rapat agar ikut himbau masyarakat,” kata Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin usai memimpin rapat evaluasi realisasi PBB triwulan ke IV di kantor Wali Kota Batam, kemarin.

Ditanya apakah target Rp 131 miliar akan tercapai? Jefridin tidak bisa memberi kepastian karean ini tergantung masyarakat yang membayar. Namun demikian, pihaknya akan tetap melakukan upaya terkait ini.

“Tercapai? Wallahu A’lam Bishawab, tergantung masyakarat nanti,” ucapnya.

Menurutnya, selain membicarakan upaya pencapain target PBB P2 tahun 2017, dalam rapat tersebut juga dibicarakan langkah yang akan diambil tahun 2018 mendatang. Adapun langkah tersebut yakni mempercepat proses percetakan dan distribusi Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT).

“Januari BP2RD sudah cetak SPPT, paling tidak Maret tersebar semua,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Jefridin juga menyampaikan harapan Wali Kota Batam Muhammad Rudi agar masyarakat turut andil membayar pajak dan retribusi, karean pendapatan tersebut akan digunakan kembali untuk membangun Batam.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Raja Azmansyah mengatakan pada 2018 mendatang akan mendistribusikan sebanyak 297 ribu SPPT.

“Januari dicetak, kita targetkan paling lambat Maret clear semua. Setelah itu dua bulan validasi, kalau ada perubahan bulan Mei kita terbitkan lagi,” pungkasnya. (cr13)

Update