Kamis, 28 Maret 2024

Di Gedung Putih pun Ada Tikus

Berita Terkait

ilustrasi wahyu kokkang / jawapos

batampos.co.id – Gedung Putih, Amerika Serikat, ah siapa yang tidak tahu gedung megah itu. namun tahukan di gedung itu pun ditinggali keluarga tikus?!

Ya, gedung tersebut menjadi rumah beberapa keluarga tikus. Menurut mantan Kepala GSA Inspektur Jenderal Brian Miller, penyebabnya adalah usia bangunan Gedung Putih yang sudah sangat tua. Rumah yang halamannya selalu bikin iri perdana menteri Inggris itu dibangun pada 1792 dan dihuni sejak 1800. Lebih dari 200 tahun silam!

”Siapa pun tahu, rumah lama butuh banyak perawatan dengan biaya nggak sedikit,” ungkap Miller sebagaimana dikutip Huffington Post.

Tahun ini saja, ada empat laporan serangan serangga di Gedung Putih. Mulai kecoak hingga semut. Mantan Kepala Bidang Pers Sean Spicer bahkan pernah memergoki tikus di ruangannya.

”Saat brankas disingkirkan, aku menemui sobat kecil. Aku ingin ia mendapat meja kecil berukuran 3–4 kaki,” sindirnya kala itu.

Ternyata, hama tersebut mendiami bangunan itu sejak berdekade-dekade lalu. Dalam catatan Presiden Jimmy Carter pada 1977, dia menyatakan tikus-tikus Gedung Putih cukup rajin berkembang biak.

”Dua atau tiga bulan sekali, aku minta tikus itu diberantas,” tulisnya. (fam/c10/na)

Update