Kamis, 25 April 2024

Warga Sulit Dapat Bantuan Bedah Rumah

Berita Terkait

Kondisi pondok Nanang, warga Jalan Fajar Baru Kelurahan Tanjungbatu Kecamatan Kundur. F. Imam Soekarno/Batam Pos.

batampos.co.id – Sejumlah warga miskin di Kecamatan Kundur belum sepenuhnya mendapatkan bantuan bedah rumah melalui program bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Seperti dirasakan Nanang, warga yang tinggal di Fajar Baru, Kelurahan Tanjungbatu Kota, Kecamatan Kundur. Pondok yang ia tempati berdiri di lahan milik warga, makanya ia sulit mendapatkan bantuan bedah rumah.

Nanang bersama adik laki-lakinya sudah cukup lama menempati pondok yang kurang layak. Nanang bekerja sebagai penjaga kuburan Dagang, sedangkan adiknya bekerja serabutan.

“Saya sudah bertahun-tahun tinggal di pondok ini. Kondisinya hampir rubuh namun sampai sekarang belum pernah mendapat bantuan perbaikan rumah. Memang saya tinggal di pondok ini menumpang di lahan milik warga. Beruntung mereka mengizinkan untuk keluarga saya tinggal. Kami berharap agar ada perhatian bagi warga miskin seperti saya yang tidak memiliki lahan untuk dapat tempat tinggal yang layak,” harap Nanang, Kamis (7/12).

Pantuan di lapangan, selain Nanang masih ada sejumlah warga miskin yang bernasib sama. Mereka tinggal di lahan milik warga. Sementara syarat untuk mendapatkan bantuan RTLH, rumah harus berdiri di lahan milik pribadi. Warga miskin berharap pemerintah memberikan solusi agar mereka bisa mendapatkan bantuan bedah rumah. (ims)

 

Update