Rabu, 24 April 2024

Januari Dinsos Mulai Lelang RTLH

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) tengah menargetkan pelaksanaan rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada pertengahan Tahun 2018 mendatang.

“Januari kami sudah mulai lelang perencanaan,” kata Kepala Dinsos-PM Kota Batam, Hasyimah, Sabtu (9/12).

Ia menjelaskan saat ini tengah mempersiapkan kelengkapan berkas lelang yang akan dibukan awal tahun nanti. Program senilai Rp 2,2 miliar ini direncanakan sudah mulai berjalan Juni mendatang.

Tahun 2018 sebanyak 100 rumah akan mendapatkan bantuan rehabilitasi. Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Batam ini merinci 60 rumah dipruntukkan bagi warga yang tinggal di hinterland (pesisir, red) sedangkan 40 rumah lagi untuk mereka yang tinggal di mainland (perkotaan,red).

Saat ini pihaknya telah menerima pengajuan dari masing-masing lurah terkait rumah warga yang berhak mendapatkan bantuan senilai Rp 22 juta per rumah ini. “Masih kami verifikasi dan cek kelapangan,” ujar mantan Kepala Sekolah SDN 007 Sekupang ini.

Ia menambahkan, untuk tahun ini penerapan RTLH mengalami sedikit perubahan pada bahan bangunan yang akan digunakan nanti. Jika sebelumnya program ini menggunakan kayu tahun ini diganti dengan baja ringan. Tujuan pergantian bahan ini guna memudahkan pengerjaan nantinya. “Kemarin selalu kendalanya sulit mendapatkan kayu, tahun ini kami coba beralih karena bahannya cukup mudah didapatkan,” terangnya.

Berkaca dari tahun ini, pengerjaan cukup lama karena menunggu keetersediaan bahan bangunan tersebut. Dia berharap program RLTH ini bisa selesai lebih cepat dari tahun ini.

“Tahun ini kami baru saja menyelesaikan program RTLH, ke depan tentu kami ingin lebih cepat dari ini,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Batam, Muhammad Rudi menyebutkan beberapa program fisik yang telah direncakan di tahun 2018 sudah mulai mempersiapkan untuk dilelang. “Terutama jalan, tapi yang lain juga harus mempersiapkan (berkas lelang),” sebutnya.

Salah satu program Pemko Batam yang berjalan lambat adalah realisasi RTLH, sehingga muncul anggapan program ini akan gagal. “Nah ini saya tidak mau lagi seperti ini. Kemarin saya sudah minta instansi terkait merubah apa yang menjadi kendala, dan Alhamdulillah mereka sudah lakukan,” ujar Rudi.(cr17)

Update