Jumat, 29 Maret 2024

Pak Menko Sepakat Pariwisata Senjata Andalan Baru Batam

Berita Terkait

Menko Darmin (tengah)

batampos.co.id – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Darmin Nasution meyakini bahwa pariwisata merupakan sektor yang dapat menjadi andalan Batam di masa depan.

Alasannya sederhana karena BP Batam menggelar sejumlah event pariwisata berskala besar seperti Li-Ning Badminton di Gor Bandabaru, 5-10 Desember. Kemudian event Marathon di Barelang, 12 Desember dan karnaval di Nagoya, 16 Desember.

“Event besar ada tiga dan adalah bagian dari hidupkan kembali kegiatan ekonomi, perdagangan dan pariwisata di Batam,” ujar Darmin saat konferensi pers di Hotel Best Western Premier (BWP) Panbil, Sabtu (9/12) malam.

Ia kemudian menyarankan BP Batam agar segera menindaklanjuti pelaksanaan event-event ini dengan pengembangan infrastruktur.

“Di Batam lahannya tak banyak. Tapi zonanya bisa ditentukan dengan tepat. Jika ada investasi datang, begitu juga pengembangan zona pariwisata harus ada,” paparnya.

Pariwisata berbeda dengan industri manufaktur karena lebih mudah dikembangkan.”Industri sedikit lebih lama karena harus dapat lahan, bangun infrastruktur dan lainnya. Sedangkan pariwisata tak terlalu lama untuk bisa berkembang,” ucapnya.

Tahun 2018 merupakan awal yang bagus untuk pengembangan sektor pariwisata ini. Darmin optimis dengan pariwisata maka target pertumbuhan ekonomi tujuh persen dalam dua tahun dapat tercapai.

“Dalam dua tahun saya optimis bisa, karena sebenarnya Batam itu potensinya besar. Tinggal bagaimana kita ciptakan suasana dan iklim yang baik,” ungkapnya.

Misi selanjutnya yang diemban BP Batam adalah penataan Batam sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dalam waktu dua tahun. Darmin meminta agar KEK Batam tersebut harus jelas zonasinya.

“Zona apa saja harus ada pariwisata, ada ekonomi digital, ada ekonomi kreatif dan logistik. Dan cari investor yang punya misi jelas, tak bisa hanya menunggu kampanye saja,” ungkapnya. (leo)

Update