Jumat, 29 Maret 2024

Sampai Jumpa Lagi Bima Suci

Berita Terkait

batampos.co.id – Kapal latih milik TNI Angakatan Laut, KRI Bima Suci-945 beserta Satuan Latihan (Satlat) Kartika Jala Kridha (KJK) Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III angkatan 64, telah meninggalkan Batam dan melanjutkan perjalanannya menuju ke Kota Surabaya, Minggu (10/12) pagi.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Batam, Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono mengatakan, selama empat hari keberadaannya di Batam, KRI Bima Suci dan Satlat KJK Taruna Akademi Angkatan Laut 64 telah melaksanakan beberapa kegiatan. Antara lain kunjungan kepada pejabat daerah yang ada di kota Batam seperti kunjungan ke Kapolda Kepri, Walikota Batam dan BP Batam.

“Namun kegiatan yang paling membuat masyarakat Batam terpuaskan adalah dengan kegiatan Kirab Kota yang dilaksanakan di pusat kota Batam dengan tampilnya Genderang Suling Gita Jala Taruna oleh Taruna/Taruni AAL,” ujar Ivong saat dikonfirmasi Batam Pos, Minggu (10/12) siang.

Selain kegiatan Kirab Kota, KRI Bima Suci yang terbuka untuk umum selama 3 hari pelaksanaannya tidak pernah sepi dan bahkan para pengunjung rela mengantri untuk naik ke KRI Bima Suci. Ivong berharap, kehadiran KRI Bima Suci bisa berdampak positif bagi para pemuda dan pemudi di Kota Batam, terutama promosi TNI Angkatan Laut dalam menjaring pemuda dan pemudi yang berpotensi menjadi taruna AAL.

“Semoga kedepannya bisa meningkatkan antusiasme pemuda dan pemudi untuk bergabung dengan Angkatan Laut,” harapnya.

Sebelum bertolak Komandan KRI Bima Suci dan Komandan Satlat KJK Taruna AAL Angkatan 64, berpamitan kepada para pejabat yang melepas keberangkatan KRI Bima Suci untuk melanjutkan pelayaran menuju Surabaya. Mereka juga mengucapkan terima kasih atas penyambutan dan dukungan TNI Angkatan Laut di wilayah Kepri terutama Lantamal IV dan Lanal Batam.

 F. Yusuf Hidayat/Batam Pos

“Tepat pada pukul 10.15 WIB, KRI Bima Suci-945 bertolak dari dermaga utara pelabuhan Batu Ampar, Batam, langsung menuju ke Surabaya,” katanya.

Saat bertolak dari pelabuhan, dilaksanakan Parade Rol oleh Taruna/Taruni dengan menaiki tiang-tiang layar kapal latih Angkatan laut dengan diiringi tepuk tangan dan lambaian tangan para pejabat penghantar yang diikuti seluruh pengunjung yang mengikuti pelepasan KRI Bima Suci-945. Selain itu, pelepasan ini juga dihadiri oleh masyarakat.

“Kesempatan masyarakat untuk naik ke atas kapal sangat dibatasi. Namun, animo masyarakat masih tetap tinggi untuk menyaksikan kapal kebanggaan bangsa Indonesia itu. Selanjutnya, KRI Bima Suci akan melanjutkan pelayaran dan melaksanakan tugas yang sudah menunggu,” imbuhnya. (cr1)

Update