ilustrasi

Pembaca batampos.co.id, ketahuilah masih banyak orang yang keliru melakukan diet.

Bukannya langsing, malah sakit.

Padahal cukup dengan melakukan pola hidup sehat dan bijak dalam memilih makanan, sudah bisa menjadi alarm bagi tubuh. Boldsky, Selasa (12/12) berbagi 15 tips bagi siapapun yang ingin hidup sehat dan lebih langsing.

1. Makan Lebih Banyak Protein
Batasi karbohidrat dan lemak dari makanan tapi perbanyak mengonsumsi protein.

2. Hindari Makanan Olahan
Makanan olahan dikemas dengan garam dan aditif lainnya yang membuat tubuh tak sehat hingga kecanduan memakannya tanpa henti.

3. Makan Lebih Banyak Buah dan Sayuran
Buah dan sayuran dikemas dengan serat larut dan tidak larut yang mengisi perut dengan cepat namun tidak menambah banyak kalori ke tubuh kita. Namun saat membuat jus buah sebaiknya tak lagi menambahkan gula.

4. Pilih Gandum
Pilihlah roti gandum. Dan mengonsumsi lebih banyak jenis makanan ini lebih baik karena bisa mengisi perut lebih cepat, sehingga membatasi asupan kalori.

5. Singkirkan Makanan Tak Sehat
Ini adalah faktor psikologis. Jika terlalu dekat dengan makanan tak sehat di dapur atau kulkas, mau tak mau bisa tergoda.

6. Kurangi Asupan Gula
Faktanya bahwa penyakit diabetes dan metabolik telah meningkat sejak beberapa dekade terakhir. Masyarakat sulit untuk melepaskan diri dari gula karena sebagian besar makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari kaya gula.

7 Minum Segelas Air Sebelum Makan
Minum segelas air sebelum makan bisa membuat perut merasa kenyang lebih cepat dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

8. Minum Kopi Tanpa Gula
Meski akan aneh rasanya tapi nantinya akan terbiasa meminum kopi tanpa gula. Kopi penuh dengan antioksidan dan senyawa bermanfaat yang bisa.menurunkan berat badan. Kafein meningkatkan metabolisme sebesar 3-11 persen asalkan jika tidak terhambat oleh efek penggunaan gula.

9. Hindari Minuman Elektrolit
Minuman elektrolit dikemas dengan gula sehingga membuat seseorang kecanduan.

10. Jangan Makan Karbohidrat Olahan
Karbohidrat olahan seperti roti putih, tepung putih, dan pasta, membuat asupan kehilangan semua kandungan nutrisi dan serat. Sehingga makanan itu memicu diabetes.

11. Berpuasa
Berpuasa bisa membuat tubuh lebih teratur dan terkontrol dalam mengasup makanan. Sehingga membuat tubuh lebih disiplin.

12. Makan di Piring Kecil
Faktor psikologis ini bisa menahan porsi makan yang jauh lebih besar. Dengan piring kecil, maka bisa mengurangi porsi.

13. Kunyah Perlahan
Perut akan kenyang setelah 20 menit sejak seseorang mulai makan. Maka lebih baik mengunyah makanan dengan perlahan sehingga bisa menyehatkan pencernaan.

14. Ganti Minyak Goreng
Penggunaan minyak goreng juga harus digunakan dengan bijak. Penggunaan berulang bisa menyebabkan lemak jahat. Gantilah dengan minyak zaitun yang mengandung lemak tak jenuh lebih rendah. (ika/JPC)

Advertisement
loading...