Selasa, 16 April 2024

Satu Penginap HIV Ditemukan Lagi

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna kembali menemukan satu penderita HIV. Pengidapnya adalah wanita penjaja seks komersial (PSK).

Menurut Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah Pemkab Natuna, ditemukannya satu pengidap virus HIV tersebut, setelah Dinas kesehatan melakukan pendataan dan pengambilan sampel darah di sejumlah tempat hiburan malam di Ranai.

“Dari 82 sampel darah yang diambil, satu orang positif pengidap HIV. Penemuan ini menambah daftar warga terjangkit,” kata Hikmat, Senin (11/12).

Sebelumnya kata Hikmat, Dinas kesehatan melakukan pengambilan sampel darah selama dua hari berturut-turut, pada Sabtu dan Minggu kemarin di tempat hiburan malam.

“Sasaran pemeriksaan kemarin, tempat yang berisiko tertular, yakni wanita penjaja seks. Semua tempat hiburan kami sisir, sekaligus melakukan konseling,” ujar Hikmat.

Dalam pelaksanaan di lapangan, Dinkes melibatkan sejumlah pihak pada kegiatan ini seperti Komisi Penanggulangan Aids(KPA), Klinik VCT, dan sejumlah Konselor HIV.

Sejak 2009 lalu penduduk yang sudah ditemukan terkena HIV/AIDS sekitar 90 orang dan 30 orang diantaranya sudah meninggal dunia. Saat ini penderita positif HIV akan diserahkan penanganannya kepada Dinas Sosial, Dinas kesehatan hanya sebatas melakukan pengambilan sample darah, pemberian konseling dan pengobatan dasar.

“Kami minta kepada yang positif agar tidak lagi melakukan pelayanan seks supaya tidak menularkan virusnya kepada orang lain. Selain itu kami minta untuk melakukan pengobatan rutin,” ujarnya.(arn)

Update