Selasa, 19 Maret 2024

BNN Rehabilitasi 134 Pengguna, Angka Pecandu Narkoba Ini Meningkat

Berita Terkait

batampos.co.id – Badan Narkotika Nasional (BNN) Tanjungpinang, pada 2017 tercatat telah merehabilitasi sebanyak 134 pengguna narkoba. Hal tersebut, membuktikan jumlah pencandu narkoba meningkat lebih besar dari tahun sebelumnya.

“Sampai saat ini sudah 134 pengguna yang kami rehabilitasi. Dua diantaranya, menjalani rawat inap. Sisanya rawat jalan,” jelas Kepala BNN Tanjungpinang, AKBP Abdul Hasyim Panggabean, saat menggelar jumpa pers, Selasa (12/12).

Menurutnya, seluruh pengguna yang direhabilitasi tersebut, terdiri dari beragam profesi. “Jumlah tahun ini lebih besar dibanding tahun 2015 yang hanya berjumlah 53 orang, dan tahun 2016 sebanyak 39 orang,” terangnya.

Untuk itu, lanjutnya pihaknya terus berupaya memaksimalkan pencegahan sejak dini, dengan bekerjasama terhadap pemerintah daerah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), serta komunitas masyarakat dalam mensosialisasikan tentang bahaya narkoba.
“Hampir seluruh pecandu ini paling banyak adalah diusia produktif, antara 18 sampai 45 tahun,” ungkapnya.

Tak hanya itu, masih kata pria berpangkat melati dua ini pihaknya juga menyasar kelompok pekerja dalam memberikan sosialisasi pemahaman penyuluhan terhadap bahaya narkoba.

“Kami juga berupaya bekerjasama dengan pihak swasta untuk melakukan tes urine terhadap karyawannya. Hal ini demi mencegah bahaya narkoba semakin meluas ke masyarakat pekerja,” sebutnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat Tanjungpinang, untuk peduli dan bisa bekerjasama mengantisipasi bahaya narkoba, sehingga hal yang berkaitan dengan narkoba dapat terhindar mulai dari hal yang terkecil, seperti keluarga dan lainnya.
“Kami yakin apabila kita lakukan bersama bahaya narkoba keluarga kita pasti akan bisa terhindar dari narkoba,” imbuhnya. (cr20)

Update