Rabu, 24 April 2024

DPRD Ngotot Tidak Bisa Digugat

Berita Terkait

batampos.co.id – Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak ngotot keputusan DPRD Kepri yang memutuskan memilih Isdianto sebagai Wakil Gubernur Kepri (Wagub) Kepri, tidak bisa digiring ke meja hukum. Apalagi, pada tahapan sebelumnya gugatan yang dilakukan salah satu partai pengusung melakukan gugatan. Kenyataan keputusan pengadilan berpihak kepada DPRD Kepri.

“Tidak ada celah untuk kita digugat. Karena keputusan yang kita buat berdasarkan kesepakatan dalam sidang paripurna yang sudah kuorum,” ujar Jumaga Nadeak menjawab pertanyaan media di Kantor DPRD Kepri, Tanjungpinang, Selasa (12/12).

Menurut politisi PDI Perjuangan tersebut, jika ada pihak yang menggugat, itu adalah bagian dari proses demokrasi. Pihaknya sangat menghormati itu. Jumaga yakin, keputusan yang dibuat sudah tidak perlu dievaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kita hanya menjalankan mekanisme yang sudah ditentukan. Karena memang pengajuannya harus melalui Gubernur dan Kemendagri, sebelum sampai ke Presiden,”papar Jumaga.

Ditambahkannya, dirinya sudah meminta Sekretaris Dewan (Sekwan) untuk segera menyerahkan berkas Wagub terpilih kepada Gubernur. Ditegaskannya, pengiriman usulan tidak boleh ditunda-tunda. Karena sifatnya sangat penting untuk mengisi kekosongan Wagub Kepri.

“Semakin cepat sampai ke Presiden, tentu semakin baik. Sehingga proses pengisian kekosongan Wagub juga bisa dipercepat,” tutup Jumaga.

Sementara itu, Sekwan Hamidi menambahkan, pihaknya sudah melengkapi berkas-berkas pendukung. Baik itu laporan akhir Panitia Khusus (Pansus) Wagub Kepri maupun Panitia Pemilihan. Selain itu adalah berita acara keputusan paripurna yang menetapkan Isdianto sebagai Wagub Kepri.

“Hari ini (kemarin,red) akan kami serahkan ke Gubernur. Karena semua berkas-berkas pendukung sudah kami lengkapi,” ujar Sekwan menambahkan.

Terpisah, Isdianto mengaku tengah meminta waktu senggang Gubernur untuk bersilaturahmi. Menurut Isdianto, dengan adanya keputusan DPRD Kepri, dirinya hanya bisa menunggu sampai adanya keputusan resmi dari Presiden. Komitmennya tetap sama, yakni ingin memberikan yang terbaik.

“Tugas wagub adalah membantu Gubernur. Komitmen saya tetap ini memberikan yang terbaik. Sehingga bisa membantu Gubernur dalam mewujudkan program kerja yang sudah disusun,” ujar Isdianto.(jpg)

Update