Kamis, 25 April 2024

Pemko Batam Minim Anggaran, Agenda Pariwisata Dikorbankan

Berita Terkait

batampos.co.id – Sejumlah agenda Pariwisata tidak tercover Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 mendatang. Hal ini tentu kontras dengan semangat menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan baru perekonomian Batam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam Pebrialin mengungkapkan salah satu gelaran yang dimaksud adalah Tour De Barelang. Padahal, agenda tahunan yang menghadirkan pesepeda dari berbagai negara ini kerap memiliki sumbangsih kunjungan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

“Yang tidak terakomodir Tour De Barelang, karena keterbatasan anggaran dan ini kita sadari,” ucap mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan UKM (PMP-KUKM) Kota Batam ini.

Namun demikian, pihaknya tetap mengusahakan even tersebut tetap terlaksana. Untuk itu, pihaknya tetap melobi Kementrian Pariwisata dengan melibat Even Organiser (EO) dari Singapura. Untuk diketahui, gelaran ini tiap tahun memang melibatkan Kemenpar dan EO internasional.

“Mudah-mudahan masih tetap terlaksana,” katanya.

Selain Tour De Barelang, agenda lain yang tidak tercover APBD murni adalah Wonder Food Batam. Tak hanya agenda yang biasa dilakukan tiap tahun, rencana kegiatan Wonderful Indonesia yang menampilkan kebudayaan berbagai suku bangsa Indonesia yang sempat direncakanan 2017 juga terancam tak tergelar pada 2018 mendatang.

“Agenda-agenda, ini kami usahakan penganggarannya di APBD Perubahan,” imbuhnya.

Sejatinya, tak hanya kali ini agenda pariwisata terusik kekurangan dana. Tiga tahun berturut-turut Sea Eagle Boat Race tak digelar, padahal agenda ini sudah digelar sejak 2003 lalu dan gelarannya dikombinasikan dengan pesta rakyat.

“Ke depan ada harapan terselenggara lagi, kalau anggaran kita membaik,” ujarnya Pebrialin.

Ia mengatakan, keterbatasan anggaran memang kerap menganggu agenda kepariwisataan. Untuk itu pihaknya terpaksa memilah agenda mana yang akan adi prioritas.

“Dipaksakan kalau duit tak cukup, kan enggak mungkin,” katanya.

(cr13)

Update