Sabtu, 20 April 2024

Natuna Bebas Virus Difteri

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Pemkab Natuna Hikmat Aliansyah menyatakan, untuk sementara ini Natuna belum ditemukan penderita virus difteri.

Bahkan Pemerintah Daerah katanya, belum menerima instruksi melaksanakan imunisasi Difteri Nasional yang dilaksana serentak se-Indonesia.

“Virus ini belum ditemukan di Natuna, seperti wilayah pulau Jawa. Jadi Dinas Kesehatan belum dianjurkan melakukan imunisasi,” sebut Hikmat kemarin.

Dikatakan Hikmat, Natuna saat ini masih masuk dalam zona hijau termasuk wilayah Kepri dalam penularan virus difteri. Namun daerah lain sudah masuk zona merah. Karena sudah ditemukan satu kasus penularan.

“Meski masuk zona hijau, Dinkes Natuna Khususnya tetap terus waspada dan mengantisipasi kemungkinan masuknya virus difteri. Melakukan surveland untuk antisipasi wabah dan gejala-gejalanya,” sebut Hikmat.

Dijelaskan Hikmat, virus difteri adalah infeksi disebabkan bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan serta terkadang dapat mempengaruhi kulit. Penyakit ini sangat menular dan termasuk inveksi yang serius mengancam jiwa.

Pemerintah Daerah kata Hikmat, terus mengimbau masyarakat Natuna supaya menjaga kesehatan untuk mengantisipasi masuknya dan tertukarnya virus difteri sedari dini terutama pada anak-anak.

“Sebenarnya Natuna belum aman, virus difteri bisa saja masuk dibawa dari luar yang masuk ke Natuna. Kami imbau supaya lebih peka kesehatan lingkungan dan gejala difteri,” imbau Hikmat.(arn)

Update