Dokter Spesialis jiwa/psikater dr Fitta Deskawati memberikan layanan konsultasi pasien yang mengeluhkan gejala depresi di RSUD Provinsi Kepri. F. Choky Nainggolan/Batam Pos.

batampos.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Kepri di Tanjungpinang, kembali menghadirkan layanan spesialis kedokteran jiwa. Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya bahaya depresi sejak dini yang dialami, sehingga mengakibatkan gangguan kejiwaan kronis.

“Kami siap melayani rawat jalan dan rawat bersama bagi siapapun yang ingin melakukan konsultasi untuk memeriksakan kondisi kejiwaannya saat ini,” ujar dokter spesialis kedokteran jiwa/Psikiater, Dr Fitta Deskawaty, Kamis (14/12).

Menurutnya, gangguan kejiwaan itu merupakan penyakit yang bisa menyerang siapapun. Sehingga harus mulai dicegah sejak dini.

“Gejala gangguan jiwa itu awalnya dimulai dari tahapan depresi ringan yang dialami akibat suatu permasalahan di kehidupan sehari-hari. Sehingga menjadi beban pikiran yang terus berkelanjutan hingga ke tahap depresi sedang dan mengarah ke depresi berat atau gangguan jiwa akut,” jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya perlu dilakukan upaya pemeriksaan kondisi kejiwaan sejak dini, sehingga dapat diketahui apakah sedang mengalami depresi atau tidak. “Setiap orang selalu berpikir kalau yang datang ke sini (RSUP, red) untuk periksa di Poli Kejiwaan pasti yang sudah gila, padahal tidak. Orang yang masih normal juga bisa datang kesini untuk periksa keadaannya seperti apa.

Sehingga nantinya bila sudah terdeteksi mengalami depresi, bisa dicegah dan tidak berlanjut ke tahap gangguan jiwa kronis,” sebutnya.

Fitta menyebutkan dalam penyembuhan gejala depresi, tentu sangat dibutuhkan peran keluarga. Baik itu depresi ringan, sedang, maupun berat.

“Dalam penyembuhan ada beberapa teknis yang kami persiapkan. Mulai dari ruangan yang sudah tertata aman dan nyaman, cara menenangkan pasien, pemberian obat secara rutin, serta melakukan kontrol rawat jalan setiap hari,” terangnya.

Ia juga mengimbau bagi masyarakat apabila memiliki gejala depresi diharapkan secepat mungkin diperiksa ke spesialis dokter kejiwaaan. Hal ini untuk mencegah terjadinya gangguan jiwa yang berujung kronis.

“Mudah-mudahan dengan layanan baru dokter kejiwaan ini dapat memberi manfaat besar bagi masyarakat. Terutama dalam mengurangi penderita gangguan jiwa di Kepri,” imbuhnya. (cr20)

Respon Anda?

komentar