Selasa, 19 Maret 2024

Sembako dan Arus Mudik Aman

Berita Terkait

Gubenur Kepri Nurdin Basirun bersama pedagang saat melakukan sidak sembako, Rabu (13/12) lalu. F. Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun memastikan ketersediaan sembilan bahan pokok (sembako) menjelang Natal dan Tahun Baru dalam keadaan aman. Selain sembako, arus balik juga harus aman dan penumpang yang menggunakan jasa angkutan mendapat layanan yang baik.

“Kita pastikan sembako cukup dan harga stabil, kepada instansi terkait juga terus kawal dan pantau ketersediaan ini agar tidak terjadi kekurangan di pertengahan jalan dan jika terjadi kendala segera dilaporkan,” kata Nurdin di sela-sela Rakernas Kadin, yang diselenggarakan di Hotel Radison, Batam, Kamis (14/12).

Nurdin menyampaikan hal itu, karena sehari sebelumnya, telatnya Rabu (23/12) petang, dirinya melakukan inspeksi ke sejumlah gudang sembako, bulog dan pelabuhan Sri Bintan Pura.

Nurdin mengatakan tujuan kedatangannya ke Gudang Beras Batu 7 dan Gudang Bulog di Batu 5 Tanjungpinang untuk memastikan bahwa ketersediaan bahan pokok disaat akhir tahun dapat terjaga dan sanggup mencukupi kebutuhan masyarakat.

Di gudang Bulog, Nurdin mendapat kepastian bahwa saat ini gudang bulog menampung sebanyak total 1.500 Ton beras kemudian perserdiaan Gula sebanyak 500 Ton dan Minyak Goreng sebanyak 2.000 Liter. Dari stok yang ada saa ini dapat diperkirakan mampu bertahan hingga 5 bulan kedepan. Sementara untuk minyak goreng sendiri masih akan terus dikirim ke Tanjungpinang.

Setelah melakukan peninjauan tersebut, Nurdin menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa keberadaan sembako dipastikan aman dengan harga yang stabil sembari berpesan kepada instansi terkait untuk terus memantau ketersediaan bahan pangan tersebut.

Di Pelabuhan Sri Bintan Nurdin memastikan agar ada kenyamanan bagi masyarakat yang akan mudik. Apalagi Kepri sebagai daerah Kepulauan yang pelabuhan merupakan salah satu unsur yang harus di perhatikan dalam mewujudkan kenyamanan tersebut.

“Beri sanksi tegas kepada pihak kapal yang tetap berlayar jika kondisi muatan melebihi batas dan kondisi alam yang tidak memungkinkan,” pesan Nurdin mengingat akhir tahun keadaan laut sedang dalam kondisi yang tidak stabil.

Kenyamanan tersebut harus pula dihadirkan mengingat keadaan pelabuhan SBP yang sedang dalam tahap renovasi namun tetap aktif digunakan untuk arus mudik.

“Tolong diperhatikan keselamatan masyarakat dan pekerja disekitaran pembangunan pelabuhan jangan sampai ada kecelakaan yang menyebabkan korban jiwa,” pesan Nurdin lagi kepada para pekerja renovasi pelabuhan. (jpg)

Update