Sabtu, 20 April 2024

Bayi Berusia Dua Bulan Ditelantarkan Orang Tuanya

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Saminem, 40, warga Pelita VII Blok C nomor 5 mendatangi Mapolresta Barelang pada Kamis (14/12) lalu. Ia mendatangi Polresta Barelang untuk menyerahkan seorang bayi berusia 2 bulan yang ditelantarkan oleh ibu kandungnya sendiri.

Menurut Saminem, awalnya ibu bayi yang diketahui bernama Berlian alias Luna, 25 mendatanginya saat bayi itu berusia 15 hari. Pada saat itu, Luna mengatakan kepada Saminem untuk pergi sebentar karena ada urusan yang harus diselesaikannya.

“Saya tunggu hari itu dia tidak pulang-pulang lagi ke tempat saya. Sampai sekarang sudah dua bulan,” ujarnya.

Beberapa kali, Saminem berusaha mencari orang tua bayi yang diberi nama Rafa Ardian tersebut dengan menghubungi nomor telepon bayi tersebut. Namun, usaha pencariannya tidak berhasil sehingga ia menyerahkan bayi itu ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Barelang.

“Nomornya saya telepon sudah gak aktif lagi. Dari pada kenapa-napa, makanya saya bawa ke polisiiii,” tuturnya.

Kanit PPA Polresta Barelang Iptu Drefani Diah Yunita menjelaskan bahwa Saminem dan Luna sudah saling kenal. Awalnya, perkenalan mereka berawal dari Luna yang sering datang ke rumah Saminem untuk minta diurut.

“Kenalnya mereka ini karena ibu bayi ini sering urut sama ibu Saminem ini. Karena sudah langganan urut, makanya mereka saling percaya,” tuturnya.

Dijelaskan Drefani, Saminem takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap bayi tersebut dan dituntut oleh orang tua bayi. Maka itu, dia memilih untuk menyerahkan bayi itu kepada polisi dan meminta bantu untuk mencarikan orang tua Rafa.

“Dia tidak berani jagain anak itu dan tidak punya biaya juga untuk merawat bayi itu. Makanya dia meminta bantuan dan menyerahkan kepada kami,” tuturnya.

Hingga Jumat (15/12) sore kemarin, penyidik Unit PPA Polresta Barelang masih berusaha melakukan pencarian terhadap orang tua bayi itu. Sementara itu, penyidik juga belum mengetahui siapa ayah kandung dari bayi tersebut.

“Bayi itu sudah kita serahkan ke Dinsos. Kemudian dari Dinsos, sudah menyerahkan bayi itu ke Yayasan Budi Kemuliaan. Kita akan bantu cari ibunya. Dan Yayasan juga berusaha mencari ibunya dengan pasang iklan,” imbuhnya. (cr1)

Update