Sabtu, 20 April 2024

Fokus Bangun Jalan, Penataan Nagoya Ditunda

Berita Terkait

Kawasan Nagoya. F. Yusuf Hidayat/Batam Pos

batampos.co.id – Rencana penataan kawasan bisnis Nagoya pada 2018 mendatang ditunda. Hal ini dilakukan karena Pemerintah Kota (Pemko) Batam masih ingin fokus memperbaiki infrastruktur jalan.

“Belum, kita arahnya ke jalan dululah,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi, kemarin.

Tak hanya itu, ia masih mempertimbangkan pemindahan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di sekitar lokasi yang akan ditata tersebut. Dalam hal ini, lokasi yang tengah dipersiapkan adalah Pasar Induk Jodoh. Pasar tersebut akan diperbaiki, setelah ada penyerahan aset dari Badan Pengusahaan Batam.

“Nanti kalau kita sambung (pengatapan, red) jadi dingin tempatnya tak mau pindah pula mereka,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Suhar juga menyampaikan kemungkinan rencana tersebut di kerjakan tahun 2018 nanti.

“Memang kemungkinannya akan beliau (Wali Kota, red) suruh hold dulu,” kata Suhar.

Sejatinya, lanjut Suhar, penataan kawasan Nagoya khusus koridor I (sekitar Martabak Har-Sari Jaya) sudah mulai dianggarkan tahun 2018 mendatang sebesar Rp 3 miliar dari total kebutuhan Rp 9 miliar.

“Dalam hemat kami memang perlu satu kesatuan tanggung jawab pengerjaan (dikerjakan sekaligus). Jadi kemungkinan akan ditunda,” ujarnya.

Namun demikian, ia menegaskan keputusan akan penataan tersebut perlu dibicrakan lagi dengan Wali Kota Batam Muhammad Rudi, untuk mengetahui kepastian lanjutan rencana tersebut.

“Ini akan kami komunikasikan dengan pimpinan terlebih dahulu,” pungkasnya. (cr13)

Update