Kamis, 25 April 2024

Kemenhub Instruksi Hang Nadim Ketatkan Pengamanan dan Pengawasan

Berita Terkait

batampos.co.id – Kementrian Perhubungan menginstruksikan Bandara International Hang Nadim untuk memperketat pengamanan dan pengawasan menjelang arus mudik Natal dan Tahun Baru.

“Sesuai dengan arahan Kemenhub tanggal 18 Desember kamu sudah membuka posko pengamanan,” kata General Manager Operasional Hang Nadim Batam, Suwarso, Kamis (15/12).

Ia mengungkapkan 18 Desember diperkirakan masyarakat mulai memadati Hang Nadim untuk menuju ke kampung halamannya masing-masing. Suwarso mengatakan puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru diperkirakan 22 serta 23 Desember. “Dua hari ini arus penumpang paling banyak, hal ini berkaca pada pengalaman tahun lalu,” ucap Suwarso.

Jumlah penumpang yang ingin mudik Natal tahun ini diperkirkan meningkat. Suwarso menyebutkan kenaikan ini sekitar 2-7 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Lonjakan penumpang naik, apakah sudah ada permintaan penambahan jumlah penerbangan dari maskapai yang ada di Hang Nadim? Suwarso mengatakan hingga saat ini belum ada permintaan itu. Menurutnya pihak maskapai masih melihat permintaan masyarakat, tertampung atau tidak dengan frekuensi saat ini.

“Belum tahu ini, nanti kami akan rapat dengan seluruh instansi dan perwakilan maskapai. Apa nanti mereka menyampaikan permintaan extraflight atau tidak. Kita tunggu saja,” tuturnya.

Suwarso

Saat ini, kata Suwarso dari pantauan pihaknya di lapangan ada beberapa rute yang tiketnya mulai habis. Rute-rute itu yakni dari Batam menuju ke Medan, Pekanbaru dan Surabaya.

“Sudah terisi 85 persen. Sedangkan untuk rute lainnya seperti Jakarta, Bali, Pontianak masih ada sekitar 70-80 persen lagi,” ungkapnya.

Suwarso menuturkan pihaknya akan terus memantau ketersediaan tiket. Dan akan menyampaikan pembaharuan jumlah tiket yang tersisa. “Akan terus kami kabari,” ucapnya.

Hampir sebagai besar masyarakat memesan tiket maskapai berbiaya rendah atau low carrier. Tiket Lion Air dan Citilink jadi buruan masyarakat.

Distrik Manager Lion Air Area Batam, M Zaini Bire mengatakan ada tiga daerah yang sudah penuh.

Full seat itu ke Medan, Pekanbaru dan Padang. Sudah penuh dari tanggal 18 Desember,” ucapnya.

Sementara itu ke Jakarta, Pontianak, Surabaya tiket yang ada masih tersedia. (ska)

Update