Sabtu, 20 April 2024

KPU Belum Tentukan Jumlah Kursi

Berita Terkait

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna belum menentukan jumlah kursi dalam pemilu legislatif tahun 2019 mendatang.

Ketua KPU Natuna Affuandris mengatakan, penentuan jumlah kursi akan ditentukan dalam tahapannya bulan Maret 2018 mendatang. Namun jumlah daerah pemilihan (Dapil) wilayah Natuna tetap tiga Dapil.

“Yang bakal berubah itu jumlah kursi per Dapil. Tapi belum ditentukan, tahapannya bulan Maret mendatang,” kata Affuandris, Jumat (15/12)

Penentuan jumlah kursi per Dapil jelas Affuandris, ditatapkan berdasarkan jumlah penduduk pemilih dan saat ini masih tahap pembahasan di KPU.

KPU katanya, saat ini pun belum menerima secara resmi data penduduk dari Kemendagri sebagai dasar penentuan jumlah kursi.

Pada pemilu legislatif tahun 2014 lalu, ditetapkan tiga Dapil di Natuna. Untuk dapil 1, ditetapkan 9 kursi, Dapil 2 ditetapkan 4 kursi dan di Dapil 3 ditetapkan 7 kursi.

“Jumlah kursi per Dapil pada pemilu legislatif tahun 2014 lalu bisa terjadi perubahan dengan pergeseran pendudukan di Kecamatan pada pemilu legislatif tahun 2019,” ujar Affuandris.(arn)

Update