Tommy Sugiarto, salah satu pebulutangkis andalan Indonesia. (foto: jpnn)

batampos.co.id – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kepri berupaya memajukan bulutangkis Kepri dengan mengirimkan pelatihnya, Rizal Fadillah ke pelatihan pelatih level 1 Badminton World Federation (BWF).

Pelatihan pelatih itu sendiri telah dilangsungkan pada 19-23 November 2017 di Bandung.

Kadispora Kepri, Maifrizon mengatakan, pengiriman pelatih bulutangkis ini guna menghasilkan pelatih-pelatih yang berstandar dunia.

“Kalau kita punya pelatih berlisensi internasional, tentu akan membuat kokoh cabang olahraga bulutangkis di Kepri,” kata Maifrizon kepada Batam Pos, Sabtu (16/12).

Maifrizon berharap dengan keberadaan pelatih bulutangkis Kepri berlevel 1 BWF ini dapat meningkatkan pembinaan pebulutangkis di Kepri, khususnya Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) bulutangkis Kepri.

Sehingga dapat mencetak dan melahirkan pebulutangkis andal di masa depan.

“Kita berharap dapat melahirkan pebulutangkis level nasional. Jadi mari kita berbenah dan melakukan evaluasi serta terobosan baru agar bulutangkis Kepri bisa bersaing di nasional,” ujar Maifrizon.

Menurutnya, pelatihan pelatih level 1 BWF ini mempunyai peranan sangat penting di Indonesia. Apalagi secara keseluruhan, jumlah pelatih bulutangkis yang berkualitas di Indonesia belum mencukupi dan belum tersebar secara merata di seluruh provinsi Indonesia.

Kepri sendiri menjadi salah satu cakupan Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dalam meningkatkan kualitas pelatih dan pemainnya.

Rizal Fadillah sendiri mengaku berterima kasih kepada dukungan yang diberikan pemerintah terhadap peningkatan olahraga bulutangkis di Kepri.

“Semoga ilmu yang telah saya pelajari bisa berguna dan diterapkan dengan baik di Kepri sehingga bulutangkis Kepri mampu berbicara di tingkat nasional,” tutur Rizal.

Benar saja, track record Rizal dalam melatih pebulutangkis Kepri juga terbilang sangat memuaskan. Pelatih PPLP bulutangkis Kepri ini mampu mengantarkan anak didiknya, Angel Christabel Mandagi meraih kesuksesan sepanjang tahun 2017 ini.

Seperti juara kejuaraan bulutangkis antar pelajar se-Kota Batam, juara kejuaraan bulutangkis antar pelajar se-Kepri, juara Kejuaraan Daerah (Kejurda) bulutangkis Kepri, Semifinalis Djarum Sirkuit Nasional Kepri dan terakhir melalui tangan dinginnya, ia juga mengantarkan Angel juara di BP Batam Banda Baru Li Ning Open Championship 2017. (cr16)

Advertisement
loading...