Rabu, 24 April 2024

Jauhi Potensi Konflik dan Isu SARA

Berita Terkait

Pilwako Pinang

batampos.co.id – Kurang dari setahun, akan digelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Ibu Kota Provinsi Kepri ini. Wali Kota Lis Darmansyah, berharap semua elemen bisa menahan diri dan memastikan menjauhi segala potensi konflik yang bisa memicu perpecahan, termasuk juga memainkan isu-isu suku ras dan agama (Sara).

“Kita semua sudah harus semakin dewasa. Semakin baik, semakin jauh dari konflik dan isu-isu Sara. Semua elemen sesuai dengan tugasnya masing-masing harus mendukung Pilkada yang kondusif untuk Tanjungpinang yang lebih baik,” ungkap Lis.

Menurut Lis, ketika pesta demokrasi itu tercederai dengan kepentingan-kepentingan sesaat dan oknum-oknum tidak bertanggung jawab akan semakin menggerus kepercayaan publik.

“Tetapi jika kondisi pelaksanaan Pilkada berjalan dengan kondusif, adem dan tenang, maka saya yakin kepercayaan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya akan semakin baik,” ujarnya.

Lis berpendapat, bahwa pelaksanaan pilkada di Kota Tanjungpinang 2018 mendatang adalah pilkada yang cukup seksi, karena satu satunya Kota di Provinsi Kepri yang melaksanakan pilkada. Tentunya ini menjadi tugas bersama-sama untuk mensukseskan pelaksanaan pilkada, baik itu, tingkat partisipasinya, kenyamanannya, dan rasa aman.

“Mari bersama-sama ikhtiarkan pelaksanaan Pilkada yang penuh dengan kebersamaan, kekeluargaan, pilkada yang dapat menjaga keamanan dan kenyamanan di Kota Tanjungpinang,” ujarnya.

Karena itu Lis meminta kepada seluruh elemen tanpa terkecuali, mulai dari lurah, partai politik, penyelenggara pemilu, RT/RW, elit politik, serta pemerintah daerah untuk bersama-sama mensosialisasikan aturan pilkada serta mengajak masyarakat untuk datang memilih ke tempat pemungutan suara (TPS).

“Karena partisipasi pemilih dalam pemilu di Kota Tanjungpinang masih terbilang rendah, seperti contoh pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur lalu, angka partisipasi belum cukup baik. Mudah-mudahan tahun ini tingkat partisipasi Kota Tanjungpinang bisa mencapai 77 persen,” pungkasnya. (aya)

Update