Jumat, 29 Maret 2024

Bandara Hang Nadim mulai Padat

Berita Terkait

Calon penumpang pesawat memedati pintu keberangkatan Bandara Hang Nadim Batam, Senin (18/12). Lonjakan penumpang memasuki liburan sekolah dan menjelang natal dan tahun baru. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Masyarakat Batam mulai memadati Bandara International Hang Nadim,Senin (18/12), untuk mudik ke kampung halamannya merayakan Natal dan Tahun Baru.

“Normalnya itu biasanya 6.500 orang, baik berangkat atau datang. Tapi hari ini, yang berangkat sudah melebihi 7400 orang. Angka ini masih terus naik. Saat ini saya belum pegang rekapan terakhirnya,” kata General Manager Operasional Hang Nadim Batam, Suwarso, Senin (18/12).

Ia mengatakan daerah tujuan yang paling padat itu ke Medan, Surabaya, Pekanbaru dan Jakarta. Dan Jumlah pemudik Natal diperkirakan Suwarso setiap harinya makin Naik. “Puncaknya nanti di 23 hingga 24 Desember,” ucapnya.

Untuk mengantipasi lonjakan penumpang yang semakin tinggi. Sejumlah maskapai sudah berancang-ancang melakukan penambahan penerbangan. “Yang baru fix itu Sriwijaya Air, sudah meminta extra flight ke Jakarta. Maskapai lainnya masih ancang-ancang,” ujar Suwarso.

Meningkatnya jumlah penumpang yang memadati Hang Nadim, tidak menurunkan pelayanan dan pengawasan petugas bandara. Suwarso mengatakan pihaknya telah membuat posko pelayanan di dalam terminal.

“Besoknya (19/12) direncanakan pendirian posko pengamanan. Di posko itu ada polisi, TNI, Avsec, BMKG juga,” ucapnya.

Dari pantauan Batam Pos di lapangan, terlihat para calon penumpang berdesak-desakan di pintu masuk terminal Hang Nadim. Walau jumlah penumpang makin banyak yang antri, petugas satuan pengamanan bandara tetap melakukan pengawasan secara ketat.

Petugas meminta satu per satu calon penumpang memasuki pintu walkthrough. Setiap alat itu berbunyi, petugas memeriksa menggunkan metal detektor.

“Satu satu yah masuknya. Ikat pinggang, jam dan jaket mohon dilepas,” himbau petugas ke para penumpang.

Stevanie, salah satu penumpang tujuan Medan mengatakan sudah cukup lama dirinya mengantri. Tapi ia mengapresiasi pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas bandara.

“Saya tau, karena akhir-akhir di bandara sering ditangkap narkoba. Menurut saya pemeriksaan ini hal yang wajar,” ucapnya.

Wanita yang memiliki lesung pipit ini, mengatakan tujuannya ke Medan untuk merayakan natal bersama keluarga.

“Tidak ada keluarga di sini. Lagian sudah dua tahun tidak pulang saat natal. Ada kesempatan cuti, saya ingin natalan di kampung,” ujarnya. (ska)

Update