Rabu, 24 April 2024

LKP Bunda Berikan Program Pendidikan Kecakapan Kerja

Berita Terkait

Direktur LKP Bunda Karimun Yusriana Susanti dengan salah satu perusahaan granit. F. Dok LKP Bunda Karimun.

batampos.co.id – Dalam rangka meningkatan dunia kerja bagi anak-anak yang tidak melanjutkan sekolah, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Bunda Karimun memberikan kesempatan untuk menimba ilmu sebagai bekal mencari kerja.

Melalui program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) untuk 30 ini, LKP Bunda Karimun bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

”Kita berikan kesempatan kepada generasi muda yang tidak bisa melanjutkan sekolah, untuk mendapatkan skill kecakapan kerja sebagai bekal dalam menghadapi dunia kerja. Dengan materi tentang pengoperasian program komputer yang sekarang sudah wajib bagi tenaga kerja,” jelas Direktur LKP Bunda Karimun Yusriana Susanti, kemarin (18/12).

Sehingga, anak-anak muda tersebut bisa menambah ilmu komputer. Dimana program tersebut dilaksanakan mulai dari teori, praktek hingga uji kopetensi dengan materi yang diajarkan yaitu komputer perkantoran, desain grafis dengan diberikan materi pendukung yaitu bahasa Inggris, akutansi, kewirausahaan dan komunikasi bisnis.

“Ingat, zaman skill yang prioritas saat melamar pekerjaan. Terutama pengoperasian program komputer yang berbasis internet. Dan paling penting adalah, anak-anak muda harus siap bersaing dengan tenaga kerja dari luar,” tuturnya.

Dengan demikian, kata Ina lagi, pihaknya sebagai LKP telah berkomitmen untuk memberikan yang terbaik terhadap anak didiknya dalam menuntut ilmu di LKP Bunda Karimun ini. Sehingga, apa yang didapat selama satu tahun benar-benar bisa menjadi pegangan untuk bekal memasuki dunia kerja maupun wirausaha.

“Dengan waktu yang cukup singkat, mereka sudah bisa mendapatkan skil tentang program komputer dan pendukung lainnya. Tinggal, bagaimana mereka mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, apakah ingin mencoba keberuntungan dalam dunia pekerjaan atau dunia wirausaha,” ungkap wanita berjilbab ini.

Selain itu LKP Bunda Karimun, sudah terakreditasi dua kali sebagai tempat uji kompetensi bidang teknologi informasi dan komunikasi (tuk tik) satu-satunya di Provinsi Kepri dengan penilaian kinerja A. Dimana, prestasi yang telah diraihnya mulai tahun 2008 dan 2012 juara dua apreasisi tingkat kabupaten Karimun.

Kemudian ditahun 2009, 2013, 2014 dan 2015 juga menjadi juara pertama apresiasi LKP Bunda Karimun ditingkat Provinsi Kepri. Serta sudah menorehkan prestasi ditingkat Nasional pada tahun 2014 di peringkat enam dan juara tiga berstandar Nasional ditingkat Nasional pada tahun 2015. Dan baru-baru ini masuk dalam best nominator Al Ahmadi aword Batam Pos dalam entrepreneur school 2017.(tri)

Update