ilustrasi

batampos.co.id – Brokoli merupakan kerabat dekat kol dan kembang kol. Sayuran ini sehat jika dimakan mentah atau tumis. Sayuran hijau ini kaya akan vitamin C, kalsium, vitamin K, folat, potassium, mangan, fosfor, vitamin B6, dan selenium.

Brokoli juga merupakan sumber kaya glukosinolat fitonutrien, flavonoid, dan berbagai senyawa antioksidan lainnya.

Sayuran hijau yang satu ini juga memiliki beragam manfaat nutrisi dan obat-obatan termasuk kemampuannya mencegah berbagai jenis kanker, menurunkan kolesterol, memperbaiki sistem pencernaan, mendetoksifikasi tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta melindungi kulit.

Boldsky, Selasa (19/12) menyebutkan ada 10 manfaat kesehatan lainnya yang diberikan oleh brokoli:

1. Mencegah Kanker
Kandungan pada brokoli bersifat melawan kanker dan memberi kekebalan tubuh. Sayuran ini sangat bermanfaat untuk mencegah kanker payudara karena menghilangkan estrogen ekstra dari tubuh.

2. Mengurangi Kolesterol
Brokoli dikemas dengan serat larut yang mengeluarkan kolesterol dari tubuh. Hal itu terjadi karena serat dalam brokoli mengikat asam empedu di saluran pencernaan yang membuatnya lebih mudah untuk menghilangkan kolesterol.

3. Mengurangi Alergi
Brokoli mengandung sejumlah asam lemak omega-3 yang membantu orang yang menderita radang sendi, asma, dan penyakit alergi lainnya. Sayuran ini juga kaya akan quercetin, kaempferol, dan polifenol yang dikenal dengan respons imun antialergi.

4. Menurunkan Berat Badan
Brokoli adalah sayuran ideal untuk diet penurunan berat badan karena rendah kalori. Brokoli kaya serat yang akan membuat tubuh merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama, sehingga membuat berat badan turun lebih mudah.

5. Meningkatkan Penglihatan
Brokoli mengandung antioksidan alami yang melindungi mata dari radiasi ultraviolet. Vitamin A, beta-karoten, fosfor, dan vitamin lainnya yang ditemukan dalam brokoli sangat baik untuk kesehatan mata.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Brokoli berkhasiat antiinflamasi sulforaphane yang diketahui dapat mencegah kerusakan lapisan pembuluh darah yang bisa disebabkan oleh peradangan akibat masalah gula darah kronis.

7. Meningkatkan Kesehatan Hati
Brokoli dapat meningkatkan kadar enzim detoksifikasi dan melindungi hati dari kerusakan. Brokoli juga dapat mencegah kegagalan hati.

8. Meningkatkan Pencernaan
Brokoli mencegah kanker usus besar dengan mengurangi peradangan di usus besar, sehingga memperbaiki usus secara keseluruhan.

9. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Brokoli mengandung kadar vitamin K dan kalsium tinggi. Keduanya diperlukan untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Brokoli juga mengandung nutrisi lain seperti fosfor, seng, dan magnesium yang sangat baik untuk anak-anak, lanjut usia, serta ibu menyusui.

10. Detoksifikasi Tubuh
Brokoli kaya serat yang menghilangkan racun dari saluran pencernaan. Brokoli juga mengandung antioksidan yang membantu detoksifikasi keseluruhan tubuh. Brokoli mengandung fitonutrien khusus yang membantu proses detoksifikasi tubuh.

(ika/ce1/JPC)

Respon Anda?

komentar