batampos.co.id – Ruang Tunggu menjadi album terakhir Payung Terduh bersama vokalis Mohammad Istiqamah Djamad. Pria yang akrab disapa Is itu diketahui telah mengumumkan mundur dari grup yang dirintisnya sejak tahun 2007 itu. Dia tidak lagi bersama Payung Teduh terhitung mulai Januari 2018 nanti.

“Ini merupakan album terakhir Payung Teduh bersama saya. Namun, Payung Teduh tetap akan berjalan, berkarya, dan menyongsong ruang tunggu berikutnya,” kata Is saat peluncuran album di Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (19/12).

Proses pengerjaan Ruang Tunggu memakan waktu cukup lama. Tahap rekaman dimulai Is (vokal), Comi (bass), Alejandro Saksakame (drum), dan Ivan Penwyn (guitalele, trumpet) sejak 2013 namun baru rampung tahun ini. Menurut personel Payung Teduh kendalanya karena berbagai perkembangan yang dilakukan serta sulitnya jadwal untuk menyelesaikannya.

“Ini sebenarnya dirilis 2015 tapi karena berbagai perjalanan, baru bisa dilepas tahun ini. Kami belajar banyak untuk lini-lini yang kami rasa masih kurang. Apalagi, saat ini akhirnya kami bisa ketemu Steve Lillywhite,” jelas Is.

Ruang Tunggu berisi sembilan lagu baru dari Payung Teduh. Terdapat pengembangan gaya bermusik untuk materi-materi di dalamnya. Contohnya, beberapa instrumen yang mewarnai lagu-lagu tersebut.

Sementara untuk lirik, Payung Teduh bercerita banyak hal dalam album ini. Mulai dari pengalaman pribadi personel hingga soal kehidupan lainnya. Sumber paling ringan adalah sebuah film yang berbekas di hati.

“Lagu-lagu di dalamnya masih menjadi kesatuan cerita,” ungkap Is.

Payung Teduh saat peluncuran album Ruang Tunggu di Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (19/12). (Dedi Yondra/JawaPos.com)

Payung Teduh dibantu berbagai pihak dalam penyempurnaan album Ruang Tunggu. Beberapa musisi yang diajak terlibat yaitu Adink Permana, Denny Chasmala, Sadrach Lukas, Gatut Santoso, Alvin Witarsa, Dika Brasnuckle, Harry Winanto, dan Ichamalia.

Sejumlah lagu yang ada di dalam album Ruang Tunggu adalah Akad, Di Atas Meja, Selalu Muda, Mari Bercinta, Muram, Puan Bermain Hujan, Sisa Kebahagiaan, Kita Hanya Sebentar, dan Kerinduan. Keseluruhan lagu di-mixing oleh prdouser kenamaan asal Inggris Steve Lillywhite.

Album Ruang Tunggu milik Payung Teduh diedarkan mulai 19 Desember 2017 melalui outlet KFC seluruh Indonesia. (ded/JPC)

Respon Anda?

komentar