Kamis, 25 April 2024

Pemko Batam Jamin Tak Ada Sampah Menumpuk selama Natal dan Tahun Baru

Berita Terkait

Petugas kebersihan Kota Batam mengangkut sampah di Komplek Ruko Tunas regency, Sagulung, Rabu (13/12). Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam tahun 208 menganggarkan Bin kontaianer sebenayak 20 unit. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Kota Batam menjamin tak ada penumpukan sampah selama perayaan natal dan tahun baru di Kota Batam. Sejumlah petugas kebersihaan akan tetap bekerja mengakut sampah meski tanggal merah.

PLT Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam Herman Rozi mengatakan aktifitas pengangkutan sampah selama natal dan tahun baru tetap berlangsung seperti biasa. Bahkan, rencananya frekuensi waktu pengakutan sampah akan ditambah untuk menghindari terjadinya penumpukan sampah.

“Hari natal dan tahun baru kami tetap bekerja seperti biasa. Tak ada libur, agar tak ada penumpukan sampah. Bahkan rate atau frekuensi pengakutan akan lebih banyak,” imbuh Herman kepada Batam Pos, Selasa (19/12).

Hanya saja, lanjut Herman. Petugas yang beragama nasrani diberikan kesempatan untuk merayakan natal. Posisi petugas beragama nasrani akan digantikan petugas beragama muslim.

“Sama seperti Lebaran, posisi petugas muslim digantikan oleh nasrani, begitu juga sebaliknya sekarang,” ujar Herman.

Menurut dia, intruksi Walikota Batam adalah meminta tak adanya penumpukan sampah selama natal dan tahun baru. Hal itu juga telah dikoordinasikan dengan Kecamatan. Dimana, ia tak menapik jika jumlah sampah pada natal dan tahun baru pasti akan bertambah.

“Pak Wali menekankan agar tak ada sampah, karena itu kami tetap bekerja. TPA pun tetap buka. Intinya kami menjamin tak ada penupukan sampah,’ tegas Herman.

Sementara Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad menghimbau agar instansi terkait bisa bekerja ekstra pada natal dan tahun baru. Sehingga tak ada penumpukan sampah.(she)

Update