Jumat, 29 Maret 2024

Damri Tambah Trayek

Berita Terkait

batampos.co.id – Memenuhi kebutuhan transportasi di Kabupaten Lingga, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lingga Yusrizal menyatakan, 2018 Damri kembali membuka dua jalur baru di Kabupaten Bunda Tanah Melayu. Selain itu, juga memperpanjang kontrak dengan rute Sungai Pinang-Daik Lingga.

Alhamdulillah tahun depan, ada perpanjangan kontrak dengan Damri sekaligus membuka rute baru,” ujar Yusrizal ketika ditemui di Dabo Singkep, Rabu (20/12) pagi.

Yusrizal menambahkan, trayek baru Damri yakni melayani masyarakat dengan jalur Dabo Singkep-Tinjul dan rute satu lagi yakni Daik – Pancur. Rute Dabo-Tinjul dengan jarak tempuh 40 kilometer, sedangkan trayek Daik – Pancur memakan jarak hingga 49,8 kilometer.

Jika dihitung dari jarak angkut, Yusrizal memperkirakan biaya atau ongkos bagi masyarakat yang menggunakan transportasi ini berkisar Rp 15 ribu hingga Rp 16 ribu. Yusrizal belum dapat memastikan karena ada hitungan pasti terkait harga yang telah ditetapkan oleh pihak Damri.

“Namun seperti biasanya, Damri tidak memastikan harga umum kepada seluruh anak sekolah,” ujar Yusrizal.

Perpanjangan kontrak trayek Damri serta penambahan rute baru untuk melayani masyarakat Kabupaten Lingga tersebut sesuai dengan surat keputusan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiadi dengan nomor : SK.6529 / AJ.204 / DRJD / 2017.
Selain penambahan serta perpanjangan kontrak Damri Yusrizal menambahkan, pihak Damri juga akan bersedia melayani masyarakat dengan rute Resang-Dabo. Namun pihak Damri menginginkan Pemda Kabupaten Lingga membantu agar operasional Damri dapat menggunakan BBM Subsidi.

“Mereka sebenarnya berminat untuk mengisi sejumlah rute yang ada, namun mereka meminta bantuan dari Pemkab untuk mendapatkan BBM subsidi,” kata Yusrizal. (wsa)

Update