Iklan
Warga membeli ayam segar di Pasar Fanindo, Tanjunguncang, batuaji
F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Jelang Natal dan Tahun Baru 2018, harga kebutuhan di pasar Batam mulai merangkak naik, Rabu (20/12). Yang paling mencolok adalah harga cabai yang mencapai Rp 75 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 35 ribu per kg.

Sejumlah pedagang di Pasar Fanindo Batuaji mengaku kenaikan harga dipicu stok barang yang terbatas sementara permintaan masyarakat tinggi.

“Sudah tiga hari ini naik,” ujar Murni pedagang sayur di Pasar Fanindo.

Serupa juga dengan harga cabai merah dan rawit. Kedua jenis cabai ini masih terbilang tinggi, meski dua pekan kemarin sempat turun dari harga Rp 58 ribu per kg.

“Harganya masih tinggi. Cabai merah Rp 42 ribu sedangkan cabai rawit Rp 38 ribu per kg,” katanya.

Demikian juga untuk harga tomat, daging ayam dan telur ayam. Ketiga barang ini masing-masing naik Rp 2 ribu. Tomat misalkan, barang yang dipasok dari Medan ini dijualkan Rp 16 ribu per kg dari harga sebelumnya Rp 14 ribu kg. Telur ayam dari harga Rp 40 ribu per papan menjadi Rp 42 ribu per papan, sedangkan untuk daging ayam dari harga Rp 30 ribu menjadi Rp 32 ribu per kg.

Rika penjual daging ayam di Pasar Fanindo mengaku kenaikan harga ayam disebabkan stok ayam yang terbatas. Selain itu permintaan masyarakat terhadap ayam juga cukup meningkat jelang akhir tahun ini.

“Buat tahun baru biasanya,” kata Rika.

Senada juga dikatakan Mario, pedagang ayam di Pasar Sagulung.

“Kenaikan sudah berlangsung tiga hari belakangan ini,” katanya.

Sementara untuk harga daging sapi, sayuran hijau lokal, gula, dan minyak masih stabil di sejumlah pasar tradisional di Batuaji dan Sagulung. (cr19)