Rabu, 24 April 2024

Penumpang Roro Meningkat Lima Persen

Berita Terkait

CALON penumpang membeli tiket kapal Ro-Ro di loket yang disediakan pihak ASDP di pelabuhan ASDP Tanjunguban, Rabu (20/12) kemarin.f. slamet nofasusanto/batam pos

batampos.co.id – Puncak kepadatan kendaraan dan penumpang di pelabuhan Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Tanjunguban Kecamatan Bintan Utara Kabupaten Bintan diprediksi terjadi pada Sabtu (23/12) dan Minggu (24/12) mendatang.

“Pada puncak mudik Natal nanti akan terjadi lonjakan kendaraan dan penumpang sekitar 3 hingga 5 persen,” ungkap Kepala Supervisi ASDP Tanjunguban Asuni, Rabu (20/12).

Ia menyebutkan, berdasarkan data arus mudik Natal tahun 2017 lalu, setiap hari penumpang yang menyeberang ke Batam mencapai 2 ribu orang dan menyebrangkan 723 unit kendaraan.

Tahun ini ia memprediksi akan terjadi penambahan penumpang sebanyak 140 orang per hari dan kendaraan sekitar 21 kendaraan per hari. “Kamis (21/12) dan jumat (22/12) mendatang kami memprediksi mulai terlihat peningkatan penumpang khususnya penumpang dari kalangan anak-anak sekolah bersama keluarganya yang ingin berlibur ke Batam,” katanya.

Pada kesempatan itu ia mengimbau kepada calon penumpang yang membawa kendaraan sebaiknya berangkat dengan jadwal kapal roro pagi atau siang
hari.

Karena sore hari khawatirnya akan terjadi penumpukan kendaraan di pelabuhan ASDP Tanjunguban. “Kalau semua berangkat jam 6 sore, pastinya akan terjadi penumpukan kendaraan di pelabuhan ASDP,” katanya.

Apabila terjadi penumpukan kendaraan, maka pihaknya akan memberlakukan keberangkatan hingga sekitar pukul 20.00 WIB. “Jadwal keberangkatan kapal sebenarnya kondisional saja jika kapal penuh langsung berangkat,” katanya.

Dalam menghadapi arus mudik Natal dan Tahun Baru, pihak ASDP juga telah
menyiapkan ruang tunggu untuk beristirahat penumpang. Tidak hanya itu, pihaknya juga telah menyiapkan fasilitas ruangan bagi ibu yang akan menyusui.

Pantauan Batam Pos hingga pagi (20/12) belum terlihat kepadatan kendaraan dan penumpang di pelabuhan tersebut. (cr21)

Update