Jumat, 29 Maret 2024

Stok Kebutuhan Pokok Mencukupi hingga Awal Tahun

Berita Terkait

Anto seorang pedagang sayuran di Pasar Penuin sedang merapihkan dagangannya, Selasa (25/7). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah kota (Pemko) Batam jamin ketersediaan stok bahan kebutuhan pokok terjaga dengan baik hingga akhir tahun nanti. Untuk itu warga tak perlu kuatir akan kekurangan pasokan bahan kebutuhan pokok menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Kadisprindag ESDM) kota Batam Zarefriadi mengatakan, ketersedian pangan dan kebutuhan pokok lain di Batam saat ini masih sangat mencukupi. Bahkan prediksi lonjakan permintaan bahan kebutuhan di hari raya Natal dan Tahun baru nanti juga tetap akan mencukupi.

“Kita sudah antisipasi jauh-jauh hari sebelumnya. Saat ini kami tegaskan bahwa tak ada masalah dengan stok bahan kebutuhan pokok di Batam. Sampai awal tahunpun masih tersedia dengan baik kok,” ujar Zarefriadi, saat mengikuti acara pemusnaan bahan pangan olahan perikanan dan pertanian illegal di Jembatan II, Barelang, Rabu (20/12).

Begitu juga dengan harga bahan kebutuhan pokok sejauh ini kata Zarefriadi belum ada kenaikan yang signifikan.

“Memang agak naik turun (harga kebutuhan pokok) dua bulan belakangan ini, tapi itu bukan karena stok menipis, tapi karena kapal (pengangkut barang) terlambat datang. Cuaca lagi tak bersahabat,” ujarnya.

Persoalan itu sejauh ini kata Zarefriadi sudah bisa diatasi dengan baik dan dia yakin hingga awal tahun baik stok ataupun harga kebutuhan pokok akan terjaga dengan baik.

“Jadi tak perlu sampai nyetok barang kebutuhan pokok yang berlebihan. Masih mencukupi kok persediaan kita sampai akhir tahun nanti,” katanya.

Pernyataan Zarefriadi tersebut sesuai dengan pantauan Batam Pos di sejumlah pasar basah di wilayah Batuaji dan Sagulung. Sampai siang kemarin, stok barang kebutuhan pokok masih tersedia dengan baik. Beras, gula, telur dan sayuri-sayuran masih mencukupi.

Sejumlah pedagang menuturkan, sejauh ini belum ada kendala apapun yang menyebabkan stok bahan kebutuhan pokok menipis.

“Belum ada, masih biasa-biasa saja. Hargapun masih normal kok,” ujar Simon, pemilik toko sembako di pasar Aviari, kemarin.

Alimin, pedagang sayur-sayuran juga menuturkan hal yang sama. Stok dan harga sayuran masih normal sampai siang kemarin.

“Biasanya sih naik kalau dekat Natal dan Tahun baru, tapi sejauh ini masih stabil. Mudah-mudahan stok tetap stabil sehingga harganya juga stabil,” tutur Alimin. (eja)

Update