Jumat, 29 Maret 2024

279 Personil Amankan 41 Gereja

Berita Terkait

Bupati Karimun, Aunur Rafiq dan Kapolres Karimun, AKBP Agus Fajaruddin bersama dengan pimpinan satuan melakukan pemeriksaan pasukan pengamanan Natal dan tahun Baru. F.Sandi/Batam Pos.

batampos.co.id – Bupati Karimun, Aunur Rafiq kemarin (21/12) memimpin apel gelar pasukan di Coastal Area untuk pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Dalam apel tersebut tidak hanya diikuti jajaran dari Polri, tapi juga diikuti oleh Kodim 0317/ TBK/ Lanal TBK, Sat Brimob Polda Kepri Subden 4 Den A Pelopor, BC, Satpol PP, Syahbandar dan Imigrasi.

”Untuk pengamanan, bukan hanya tugas dari aparat Polri dan TNI. Tapi, juga tanggungjawab kita bersama. Untuk itu, dalam rangka perayaan Natal dan Tahun Baru, saya sangat mengharapkan kerja sama dari seluruh lapisan masyarakat. Seperti pesan dari Kapolri bahwa jangan sampai ada tindakan atau aksi sweeping. Jika ini dilakukan, maka pelaku sweeping dapat ditindak tegas. Untuk itu, selalu jaga situasi Karimun tetap aman dan kondusif,” ujar Bupati Karimun, Aunur Rafiq kepada Batam Pos.

Selain itu, lanjut Bupati, persediaan sembako sebagaimana laporan dari Satgas Pangan Polres Karimun dan juga instansi di Pemkab Karimun sampai dengan tahun depan semuanya mencukupi. Meski pun saat ini, ada beberapa komoditas sembako yang mengalami kenaikan harga, namun masih dalam batas yang wajar. Kepada para pedagang juga dihimbau untuk tidak terlalu menaikan harga sembako dengan mengambil momen Natal dan Tahun Baru.

Kapolres Karimun, AKBP Agus Fajaruddin secara terpisah menyebutkan, dalam Operasi Lilin Seligi 2017 tahunini jumlah personil yang akan diturunkan melakukan pengamanan sebanyak 279 orang. ”Jumlah sebanyak itu berasal dari Polres yang terdiri dari semua satuan dan bagian, termasuk juga Polsek. Salah satu tujuan dari operasi ini adalah melakukan pengamanan untuk 41 gereja,” paparnya.

Selain personil dari Polres Karimun, lanjutnya, juga ada personil dari instansi Sat Brimob Subden 4 Den A Pelopor, TNI AD dan TNI AL yang akan membantu pengamanan. Tugas dari pengamanan Natal dan Tahun Baru tidak hanya tertumpu pada gereja-gereja. Tapi, termasuk memberikan pelayanan di pelabuhan-pelabuhan yang ada di Kabupaten Karimun untuk meningkatkan kelancaran keberangkatan dan kedatangan penumpang.

”Kemudian, untuk gereja-gereja yang akan melaksanakan kegiatan misa Natal terlebih dulu akan dilakukan sterilisasi oleh Satuan Brimob dan Sat Intelkam. Hal ini dilakukan untuk menjamin bahwa tidak ada barang-barang berbahaya dan kegiatan misa dapat berjalan dengan aman dan lancar. Selain gereja, tempat-tempat keramaian yang biasa dikunjungi oleh masyarakat juga akan menjadi perhatian pengamanan. Seperti di Pantai Pelawan dan Pongkar akan ada anggota polisi yang akan melakukan pengamanan pada siang dan malam,” jelasnya.

Satu hal, kata Kapolres, yang paling penting dalam pengamanan ini tidak hanya dilakukan oleh Polri bersama instansi lainnya. Tapi, juga dengan adanya dukungan dan peran serta dari seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Karimun. Sehingga, situasi selalu dalam keadaan aman dan kondusif. Apalagi, Karimun sudah dikenal sebagai salah satu daerah di Kepri yang sangat bertoleransi.

”Perlu juga diketahui saat ini Polres Karimun juga sudah memiliki Satgas Bencana. Di dalam Satgas ini tidak hanya ada instnasi Polri. Tapi, juga ada Pemkab Karimun,. TNI AD, TNI AL, BC, SAR dan Syahbandar. Terbentuknya Satgas ini salah satunya melihat wilayah Karimun yang merupakan wilayah kepulauan. Sehingga, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka Satgas Bencana sudah tahu apa yang akan dilakukan. Bahkan, besok (Jumat) kita akan mengadakan simulasi penanganan bencana di Mako Lanal TBK dan Pelabuhan Sri tanjung Gelam. (san)

Update